Please! Follow my Instagram.

Cara Membuat Rujak Cingur Dengan Pisang Batu

Rujak cingur merupakan makanan khas Indonesia yang enak karena rasanya yang eksotis. Beberapa orang memilih menyajikan masakan ini di akhir pekan, tetapi Anda dapat menyajikannya kapanpun sesuai kemauan. Hadirnya rujak cingur pasti sudah tidak asing lagi bahkan sering terdengar di telinga para pecinta kuliner tradisional Indonesia. Salad yang matang ini merupakan hidangan tradisional Jawa Timur yang merupakan salah satu ikon kuliner paling unik dan eksotis di dunia. Cingur atau yang biasa dikenal dengan moncong sapi kini menjadi salah satu bahan utama atau ciri khas rujak tersebut. Selain itu, Terasi juga berperang penting terhadap masakan yang satu ini.

Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari bagian hidung sapi yang telah direbus hingga empuk kemudian dipadukan dengan bahan lainnya. Berbeda dengan kebanyakan rujak sayur atau buah, rujak cingur dapat disajikan sebagai menu one dish meal karena mengandung karbohidrat, lauk pauk, sayur mayur, dan produk nabati seperti tahu dan tempe yang mengisi kuliner dalam satu porsi. Bumbu rujak yang tidak biasa yang berisi terasi, dan pisang batu menambah keunikan masakan khas dari Jawa Timur tersebut. Kuliner ini bisa kamu temui di Surabaya, malang, Madura dan lain lainya di provinsi ini.

Jika Anda kurang menyukai tekstur cingur sapi, Anda bisa modifikasi dengan mengganti bagian daging yang lain, seperti daging bagian dalam. Penasaran seperti apa bahan dan bagaimana proses pembuatan rujak cingur? Berikut adalah bahan bahan yang diperlukan untuk membuat rujak cingur dengan takaran 4 porsi.

Bahan-Bahan Rujak cingur Khas Jawa Timur

150 gram Cingur sapi

75 gram daging sapi bagian dalam

200 gram kangkung

50 gram kecambah tauge

1 buah mentimun segar

1 buah bengkuang berukuran sedang

½ bagian tempe

2 buah tahu putih

2 sdm Kecap manis brand bango

Bumbu rujak cingur, yang dihaluskan:

2 siung bawang putih

6 buah Cabai rawit, Pilih yang merah

50 gram Kacang tanah

1 sdm petis yang terbuat dari bahan udang

1 sdm Asam jawa

2 sdm Gula jawa

2 buah pisang batu

¼ sdt garam halus

100 ml air bersih

Bahan Pelengkap:

Lontong secukupnya

Bawang goreng secukupnya

Cara membuat Rujak Cingur

1. Potong menjadi bentuk dadu Cingur sapi.

2. Cuci bersih buah timun dan bengkuang, kemudian iris tipis, sisihkan.

3. Ambil ½ bagian tempe dan 2 buah tahu putih, lalu potong menjadi bentuk dadu. Apabila semuanya sudah di potong, silahkan goreng sampai matang dan sisihkan.

4. Goreng semua kacang tanah sampai matang, dan tiriskan.

5. Kupas kulit luar dan Goreng 2 siung bawang putih, kemudain tiriskan dan sisihkan.

6. Ambil 1 sdm Asam jawa, kemudian larutkan dengan air panas sebanyak 4 sdm.

7. Ambil 2 buah pisang batu, kemudian kupas dan iris kasar, sisihkan.

8. Masak cingur dan daging sapi dengan cara di rebus hingga empuk. Angkat, tiriskan, dan sisihkan.

9. Masak kangkung dan tauge hingga empuk atau matang. Keluarkan dan tiriskan. Tempatkan pada wadah

10. Membuat bumbu rujak Cingur: Rebus semua bumbu yang telah di haluskan ke dalam wadah panci kecil dan dengan menggunakan api kecil. Tambahkan  Kecap Manis Bango. Aduk hingga semua bumbu tercampur merata. Keluarkan dari panci. Tempatkan dan sishkan.

11.. Di atas piring saji, tata lontong, ketimun, bengkuang, tauge, tempe, kangkung, tahu, cingur, dan daging sapi. Sajikan dengan taburan bawang goreng dan bumbu rujak diatasnya.

Tips memasak: Jika Suka dengan rasa pedas, maka tambahkan takaran Cabe menurut selera masing-masing