Please! Follow my Instagram.

Resep Sate Plecing Asli Singaraja Bali, Yang Terpopuler Dan Nikmat

Selain masakan ayam betutu yang terkenal, perlu diketahui pula bahwa pulau Bali memiliki beberapa jenis kuliner khas yang melimpah dan memiliki rasa lezat. Satai plecing adalah salah satunya. Tetapi tahukah anda, darimana asal masakan sate plecing ini? Ternyata, msakan ini berasal dari Singaraja, lebih tepatnya di sebuah kota kecil yang berada di Bali Utara. Satai Plecing sendiri adalah jenis satai yang khas dan sangat populer di Bali. Kuliner Satai ini biasanya dipadukan dengan saus kacang dan bumbu kecap, tetapi kali ini berbeda dengan satai pada umumnya yaitu satai plecing menggunakan saus atau sambal Bali.

Sambal sate plecing ini dibuat dengan cara mencampurkan berbagai jenis bumbu termasuk cabai, bawang putih, kemiri, dan terasi, yang kemudian cara pengolahannya adalah disiram dengan minyak dan air perasan jeruk nipis. Nah Jika Anda suka dengan makanan pedas, maka jangan lewatkan sate plecing yang satu ini. Saya tidak suka pedas, apakah ada solusinya? Jangan khawatir, jika Anda bukan termasuk orang yang gemar makanan pedas, maka solusinya adalah, setelah daging sate dipanggang di atas bara arang panas, maka selnjutnya sate disajikan bersama sambal plecing yang terbuat dari cabai pedas atau bahkan manis. Semua itu bisa kamu sesuaikan sendiri menurut selera masing-masing. Pasti tertarik dong? Yuk ikuti petunjuk cara membuat sate plecing berikut ini!

Bahan Bahan Membuat Sate Plecing Khas Bali :

Bahan Utama:
½ sdt Merica
1 sdm Gula merah
1 sdt Garam
1 sdm Asam jawa
2 cm Lengkuas
2 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
200 gr daging Sapi bagian dalam ( Bisa dengan daging ayam )

Bumbu Plecing:
½ sdt Terasi
1 buah Jeruk limau
1 sdt Garam
1 sdt Gula pasir
1 buah Tomat merah segar
1 siung Bawang putih
2 siung Bawang merah
2 butir Cabe rawit
3 butir Cabe merah ukuran besar

Cara Membuat Saya Plecing Ayam Khas Bali :

  1. Silahkan cairkan 1 Sdm Gula merah menggunakan sedikit air panas.
  2. Cuci bersih 200 gram daging sapi lalu potong menjadi bentuk dadu, sisihkan
  3. Silahkan parus Lengkuas, kemudian haluskan bersama bumbu seperti bawang putih dan bawang merah, sisihkan.
  4. Letakkan daging sapi yang sudah dipotog dadu ke wadah besar, lalu masukkan Merica, Asam jawa, Gula merah dan Garam. Aduklan sampai semuanya tercampur rata.
  5. Agar bumbunya meresap kedalam daging sapi, silahkan diamkan selama kurang lebih ½ jam.
  6. Jangan pernah menyia-nyiakan waktu. Jadi, saat anda menunggu bumbunya meresap, silahkan haluskan semua bahan bumbu Plecing menggunakan Cobek sampai halus.
  7. Tambahkan air dari perasan jeruk limau kedalam sambal plecing dan ulek kembali sampai semuanya tercampur rata.
  8. Tusukkan semua daging sapi yang sudah dibumbui ke tusukan sate. Dalam 1 tusuk, saya menggunakan 3-4 potong daging sapi, silahkan anda sesuaikan sendiri.
  9. Bakar sate plecing mentah diatas bara arang sampai dagingnya lunak dan matang, lalu angkat.
  10. Cara penyajian; Ambil 1 buah piring saji, lalu letakkan sate plecing bersama tusuknya. Tuangkan sambal Plecing diatasnya dan konsumsilah selagi hangat.

Jadi, apa pendapat Anda tentang resep sate plecing ini setelah Anda mencobanya? Apakah Anda punya ide lain tentang bagaimana cara menyempurnakan resep sate plecing yang satu ini agar rasanya lebih enak? Kami akan sangat menghargai jika Anda dapat berbagi beberapa petunjuk baru dengan kami.