Please! Follow my Instagram.

Resep Sate Lilit Asli Khas Bali Yang Gurih Dan Sangat Nikmat

Masakan Bali memang selalu menggoda. Masakan Bebek betutu mungkin salah satu kuliner yang paling terkenal. Meski demikian, pulau dewata tetap menawarkan beragam jenis kuliner otentik yang tak kalah enaknya di lidah kita. Misalnya saja adalah plecing kangkung, dan Sate lilit. Perihal tentang sate lilit, makanan khas Bali yang satu ini menjadi salah satu menu favorit para pecinta kuliner ikan. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena sate ini dibuat dari fillet ikan yang mana proses pembuatannya digiling dan dibentuk sebelum dibakar. Itu sebabnya rasa sate lilit ini sangat unik. Apalagi dengan adanya perpaduan aroma bumbu rempah khas Bali. Sate lilit sendiuri sangat cocok disajikan dengan nasi putih, dijamin lebih nikmat deh. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuat sate lilit sendiri di rumah, berikut resepnya yang bisa kamu ikuti.

Bahan bahan membuat sate lilit sederhana :

Bahan sate Lilit:
1 butir telur ayam
1 cm Kunyit
1 cm Jahe
1 cm Lengkus
1 cm Kencur
4 siung Bawang putih
4 buah Cabe merah besar
6 siung Bawang merah
25 gr Tepung kanji atau Tapioka
50 gr tepung Terigu, serbaguna
100 gr Ayam yang sudah digiling
400 gr Filet ikan tengiri giling
Gula merah, secukupnya
Garam, secukupnya
Minyak goreng, secukupnya
Batang serai, secukupnya (Ini berperan sebagai pengganti lidi/tusuk sate)

Langkah langkah membuat sate lilit khas Bali :

  1. Silahkan pecah 1 butir telur ayam, ambil kuningnya dan letakkan pada wadah terpisah, sisihkan.
  2. Beberapa bahan bumbu termasuk Kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, kencur, cabai, lengkuas, garam, dan gula merah harus dihaluskan terlebih dahulu.
  3. Kemudian, dalam wajan berukuran sedang, silahkan panaskan sedikit minyak goreng dan tumis semua bumbu hingga yang sudah dihaluskan sampai harum dan berubah warna.
  4. Silahkan Campur ikan tenggiri dan ayam giling dalam 1 wadah besar, taburkan tepung kanji, disusul dengan menambah tepung terigu, masukkan pula kuning telur, dan yang terakhir adalah silahkan masukkan bumbu yang sebelumnya sudah ditumis.
  5. Buat bentukan sate, kemudian pada batang serai, lilitkan Sate tersebut.
  6. Langkah terkahir dalah, panggang sate lilit di atas bara api sampai semua bagian sate matang, angkat dan sajikan.

Tips Memasak Sate Lilit :

  1. Bagi kalian yang suka dengan rasa pedas, maka bisa menambahkan takaran cabe. Sedangkan yang tidak suka dengan rasa pedas, maka bisa beri bumbu tambahan kecap manis.
  2. Untuk menciptakan perpaduan yang sempurna, sebaiknya sajikan Sate lilit bersama Sambal matah dan nasi putih serta pelengkap lain-nya sesuai kebutuhan.
  3. Untuk menambah cita rasa yang sempurna, kombinasi bumbu rempah dan ikan dengan benar. Selain itu, Jika adonan sate lilit sudah ditusuk dengan batang serai, maka artinya adonan siap untuk dipanggang. Oleh karena itu, Jangan lupa untuk membuat sambal matah terlebih dahulu agar setelah matang, sate lilitnya bisa langsung dinikmati.

Membuat sate lilit sebenarnya cukup mudah. Ya, kalian juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli beberapa bahan. Selain itu, alat yang bakal kamu butuhkan juga tidak terlalu mahal. Anda dapat memanfaatkan peralatan dapur yang kamu gunakan setiap hari untuk memasak. Panci dan wajan misalnya. Sedangkan untuk pemanggang, anda juga bisa membelinya dipasar tradisional. Harganya tidak terlalu mahal dan mudah didapat. Itulah beberapa bumbu dan bahan serta panduaan cara membuat sate lilit yang bisa kamu ikuti, semoga bermanfaat.