Resep Sate Bebek Yang Harus Dicoba Jika Kamu Penasaran!

Sate bebek

Sate bebek adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Banten. Secara umum, sate yang satu ini cukup mirip dengan sate kambing.

Perbedaannya hanya terletak pada teksturnya saja yang diklaim lebih keras dan kenyal. Sebenarnya prbedaanya bukan hanya itu saja, kamu dapat melihat perbedaan lainnya dari sate ini yang sampai sekarang tidak disantap dengan sambal kecap atau sambal kacang tanah. Tetapi Meski begitu, rasa sate bebek ini tak kalah nikmatnya dengan sate pada umumnya. Seperti apa rasanya? Sate bebek khas banten ini memiliki Rasa pedas dan gurih, dimana rasa tersebut mampu mendominasi saat pertama kali anda memakannya.

Tentu sate bebek Ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas. Saat kalian berkunjung ke kota Banten, mungkin menu yang satu ini bisa menjadi kuliner favorit Anda. Jika menurut kalian Banten terlalu jauh, maka kamu bisa coba satu resep sate bebek yang sudah saya share di bawah. Pasti kamu sudah penasaran dengan resep ini bukan? Yuk simak bahan-bahan dan panduan cara membuat sate bebek makanan khas Banten berikut ini.

Baca Juga :  Resep Garam Asem Paling Enak Asli Banten

Bahan Bahan Yang Diperlukan Untuk Membuat Sate Bebek Khas Banten :

  • Bahan-bahan:
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • 3 cm Lengkuas segar
  • 5 cm Kunyit
  • 5 buah Cabe merah
  • 5 siung Bawang putih
  • 8 buah cabe rawit ukuran besar
  • 8 buah siung Bawang merah
  • 20 tusuk sate dari bambu
  • 500 gram daging bebek (Tanpa tulang)
  • Tomat, secukupnya
  • Garam dapur, secukupnya.

Cara membuat sate bebek yang enak :

  1. Pertama, Cuci dan Potong daging bebek menjadi beberapa bagian dengan bentuk dadu, lalu masukkan ke dalam wadah dan sisihkan.
  2. Haluskan beberapa bumbu utama termasuk; 3 cm Lengkuas segar, 5 cm Kunyit, 5 buah Cabe merah, 5 siung Bawang putih, 8 buah cabe rawit ukuran besar, dan 8 buah siung Bawang merah menggunakan blender dengan kecepatan sedang.
  3. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya ke dalam wadah berukuran sedang dan yang sudah berisi daging bebek, lalu aduk hingga semuanya merata.
  4. Secukupnya, tambahkan gula pasir dan garam, lalu aduk kembali dengan Blender hingga rata. Selanjutnya, Diamkan selama kurang lebih satu jam agar bumbu sate bebek meresap.
  5. Apabila menurut kalian bumbunya sudah meresap kedalam daging, segera tusukan potongan daging bebek ke tusuk sate yang sudah disiapkan, lakukan cara ini kesemua daging bebek.
  6. Jika semua daging sudah ditusukan, silahkan bakar sate bebek sampai maatang di atas pemanggang sate. Agar proses ini tidak gosong, maka bakar dengan cara di bolak-balik.
  7. Angkat sate yang sudah matang, lalu letakkan di atas piring saji untuk segera dibumbui.
  8. Cuci buah tomat secukupnya lalu potong kecil-kecil, tambahkaan potongan tomat ini di atas sate bebek. Dalam sate bebek khas banten, tomat berperan sebagai Garnish.
  9. Hidangkan sate bebek selagi hangat.
Baca Juga :  9 Makanan Khas Banten Yang Paling Harus Kamu Coba Saat Kesana

Tips Memasak sate bebek :

  1. Sebaiknya gunakan kipas angin kecil untuk membakar sate. Apa manfaatnya? selain untuk menghemat tenaga, menggunakan kipas angin akan mempercepat prosesnya.
  2. Gunakan batok kelapa kering untuk membuat bara api Supaya asapnya tidak terasa pedas saat terkena mata.

Nah ketika kalian bisa membuat sate bebek khas banten sendiri di rumah, tentu sekarang kamu sudah bisa menikmati sate yang terkenal ini tanpa harus datang langsung ke banten. Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? Bahan yang kita butuhkan juga sangat mudah diperoleh.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 15 =