Please! Follow my Instagram.

Resep Rabeg Daging Kambing Asli Khas Banten

Cobalah masakan Banten yang satu ini yaitu resep kambing rabeg. Pelajari lebih lanjut tentang makanan unik yang jarang ditemukan ini, kemudian pelajari bagaimana Anda bisa membuanya sendiri di rumah! Kambing rabeg adalah salah satu masakan asal daerah Banten yang sampai saat ini sangat terkenal. Sayangnya, provinsi yang dekat dengan kota DKI Jakarta ini tidak begitu terkenal dengan budaya kulinernya. Oleh karena itu, mulailah kita mengenal resep rabeg daging kambing ini, yang merupakan salah satu kuliner yang paling terkenal disana.

Perlu kau ketahui, Rabeg adalah salah satu makanan khas yang terbuat dari berbagai bagian daging kambing, yang juga cocok untuk disajikan pada hari tertentu termasuk hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Proses pembuatan rabeg tergolong cukup mudah yaitu pertama, anda dapat merebus daging kambing dipadu dengan bahan jeroan dan jahe, kemudian ditambah serai, dan daun jeruk. Setelah itu, Anda dapat menyiapkan bahan tambahan seperti tumisan (bawang merah dan jahe) terlebih dahulu.

Langkah selanjutnya adalah memasaknya dengan bumbu tambahan rempah–rempah seperti halnya cengkeh, kayu manis, pala, merica, dan garam. Setelah itu barulah Anda dapat menambahkan daging rebus kedalamnya. Masak hingga semua cairan terserap, lalu tambahkan tomat cincang dan air. Sajikan resep rabeg kambing ini bersama Kecap Manis dan berbagai menu favorit keluarga lainnya! Tertarik dengan resep Rabeg khas Banten? Yuk intip resepnya …

Bahan Bahan Membuat Rabeg :

Bahan untuk merebus daging:
1 ltr air matah
2 batang Serai
4 cm Jahe
4 lembar daun Jeruk
150 gram hati Kambing
200 gram usus kambing
350 gram daging Kambing

Bahan bumbu Tumis:
½ sdt Garam dapur
½ sdt Merica dan Pala bubuk
1 buah Tomat
2 cm Jahe
4 cm Kayu manis
6 butir Cengkeh
8 siung Bawang putih
600 ml air matah

Bahan pelengkap:
¼ sdt Cuka
1 sdm Minyak goreng
1 batang daun bawang
3 sdm Kecap manis

Cara membuat Rabeg kambing khas Banten :

  1. Memarkan 4 cm Jahe, dan ambil 2 batang putih Serai, sisihkan.
  2. Buang tulang daun jeruk sampai bersih, sisihkan.
  3. Potong dadu 150 gram hati kambing dan 350 gram daging kambing. Kemudian potong juga 1 batang daun bawang dengan ukuran ½ cm, sisihkan
  4. Silahkan kepang 200 gram usus kambing dan sisihkan.
  5. Silahkan potong 1 buah tomat, sisihkan
  6. Iris tips 2 cm Jahe dan 6 Siung bawang merah.
  7. Silahkan rebus beberapa bahan termasuk usus kambing, daging kambing, hati kambing, jahe, serai, dan daun jeruk sampai matang. Tiriskan dan angkat.
  8. Selanjutnya, silahkan Tumis beberapa bahan yang sudah kamu siapkan termasuk bawang merah dan jahe sampai tercium aroma harum, silahkan tambahkan rebusan daging sebelumnya dan aduk sampai merata.
  9. Tambahkan irisan tomat, dan beberapa bumbu lainnya seperti garam, cengkeh, lada putih dan pala bubuk, dan kayu manis. Kemudian, aduk kembali sampai bahan dan bumbu tercampur rata.10. Tuangkan 600 ml air dan Masak semuanya di atas api kecil sampai bumbunya meresap dan airnya mendidih.
  10. Langkah terakhir yaitu, silahkan masukkan Kecap Manis, irisan daun bawang serta cuka dan aduk kembali hingga merata.

Tips Memasak:
Resep rabeg ini tidak hanya disajikan untuk hari raya idul saja, melainkan dapat pula disajikan untuk melengkapi santap buka puasa.