Please! Follow my Instagram.

Resep Chili Crab Khas Singapura Paling Nikmat Dan Pedas

Chili crab yaitu, sebuah hidangan yang menggunakan bahan dasar dari kepiting. Meskipun cara memakan kepiting susah namun banyak orang yang suka dengan kepiting. Chili crab merupakan menu andalan orang Singapore.

Chili crab adalah salah satu hidangan yang  sudah terkenal di Singapore dan Malaysia. Banyak tempat wisata – wisata yang menyediakan menu Chili crab ini. Hidangan Chili crab adalah hidangan yang tidak begitu pedas, karena bahan yang digunakan adalah saus yang berbasis dari tomat dan cabai merah. Chili crab sendiri biasanya di sajikan bersama nasi putih atau mantao, roti khas Cina.

Nah bagi kamu yang penasaran ingin menikmati masakan Chili crab kamu tidak usah jauh – jauh sampai pergi ke Singapore dan menghabiskan banyak uang. Kamu cukup simak dan ikuti artikel di bawah ini mengenai cara membuat hidangan Chili crab.

Kita langsung saja persiapkan bahan – bahan yang di perlukan untuk membuat hidangan Chili crab.

Bahan Bahan Yang Dibutuhkan

1. Kepiting sebanyak 3 ekor

2. Bawang putih sebanyak 3 siung

3. Bawang merah sebanyak 3 siung

4. Saos sambal sebanyak 6 sdm

5. Madu sebanyak 3 SDM

6. Saos tomat sebanyak 1 1/2 sdm

7. Kemiri sebanyak 1 buah, kemudian di sangrai

8. Saos tiram sebanyak 1 sdm

9. Kecap manis sebanyak 2 sdm

10. Lada putih bubuk sebanyak 1 sdt

11. Bubuk cabai sebanyak 1sdm

12. Bubuk bawang putih sebanyak 1/2 sdt

13. Telur sebanyak 1 butir

14. Gula secukupnya

15. Garam secukupnya

16. Margarin secukupnya

17. Air secukupnya

18. Kaldu kepiting sebanyak 15 sdm

Jika kalian sudah mempersiapkan bahan – bahan seprti diatas langkah selanjutnya yaitu kita pergi ke langkah – langkah cara pembuatan.

Langkah – langkah membuat Chili crab

1. Untuk langkah yang pertama yaitu, siapkan kepiting yang masih segar, usahakan yang masih hidup lalu taruh kedalam wadah

2. Selanjutnya ambil air kemudian rebus air sampai mendidih.

3. Jika sudah mendidih angkat dan tuangkan air kedalam wadah yang ada kepitingnya. Tunggu sampai beberapa saat.

4. Kemudian angkat kepiting dari dalam air , lalu cuci kepiting sampai bersih, sikat badan kepiting dengan menggunakan sikat khusus makanan sampai bersih kemudian buang semua kotoran yang ada didalam kepiting

5.kemudian siapkan air dan panaskan sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukan kepiting lalu rebus hingga matang. Jika sudah terlihat matang segera angkat kemudian gunakan air kaldunya untuk membuat saus.

6. Selanjutnya yaitu siapkan bahan – bahan untuk membuat saus kepiting.

7. Ambil bawang merah, bawang putih dan kemiri yang sudah di sangrai kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu tambahkan gula dan garam secukupnya.

8. Ambil bawang putih dan bawang Bombay lalu diiris-iris

9. Siapkan wajan kemudian panaskan margarine kedalam wajan secukupnya.

10. Masukan irisan bawang putih dan bawang Bombay, lalu tumis. Tunggu sampai berbau harum kemudian masukan bumbu halus kedalam tumisan lalu tumis secara bersama sampai matang

11. Lalu masukan bumbu seperti saos tomat, saos sambal , madu , kecap manis , saos tiram, bubuk cabai, lada, dan bubuk bawang putih kedalam tumisan. Aduk hingga rata kemudian tambahkan kaldu kepiting.

12. Masukan kepiting kedalam tumisan saos. Masak Kurang lebih 5 menit sampai bumbu meresap.

13. Lalu kocok telur di wadah kemudian tuangkan telur yang sudah di kocok kedalam kepiting yang ada di wajan. Aduk sampai telur matang dan saus kepiting terlihat kental.

14. Kemudian angkat dan sajikan diatas piring.

Nah itu saja selamat mencoba dan selamat menikmati.