Please! Follow my Instagram.

Resep Membuat Roti Buaya Terunik dan Paling Nikmat

Hidangan roti khas ini bisa kita katakan cukup unik dan sungguh menarik. Mengapa? Karena jika kita perhatikan, bentuk roti yang satu ini mirip sekali dengan buaya. Di Betawi, roti seperti ini sering disajikan pada suatau acara tertentu, termasuk pada acara khitanan atau pernikahan.

Benar, roti buaya namanya. Roti ini biasa disajikan pada suatau acara yaitu entah itu pernikahan, khitanan, ataupun acara-acara khusus lainnya. Bahkan kadang-kadang roti buaya juga digunakan untuk persembahan. Ada pula sejumlah masyarakat yang menyajikan-nya di waktu lain untuk keperluan makanan ringan. Menu roti buaya ini sudah banyak disajikan hingga sekarang, umumnya adalah mereka dari kalangan orang Betawi yang memang sudah memiliki kebiasaan seperti ini.

Menurut informasi yang kami kutip dari media Resepkuerenyah, Kue atau Roti buaya ini memiliki lambang kesetiaan, dimana sifat tersebut mencerminkan hewan itu sendiri. Jadi, kalau ada orang yang bilang ‘buaya darat’, sebenarnya kami tidak setuju. Mengapa? Karena pada kenyataannya, ungkapan itu salah. Secara fakta, Buaya hanya memiliki satu pasangan lho…

Nah bagi kalian yang bukan termasuk dari golongan orang betawi, apakah kalian tahu tempat untuk membeli roti buaya? Ternayata, roti buaya ini bisa Anda beli dengan cepat dan mudah langsung di mini market, sejumlah toko kue, atau juga bisa kamu beli di pedagang kue disekitarmu.

Menurut saya pribadi, Harga yang ditawarkan juga tidak selangit dan cukup masuk akal. Tetapi bagi kalian yang menggap bahwa harga yang ditawarkan cukup mahal, maka tidak ada salahnya membuat roti buaya sendiri dirumah dengan panduan resep berikut ini.

Bahan Membuat Roti Buaya Khas Betawi :

Bahan-bahan:
3 butir telur ayam
15 gr Garam dapur
15 gr susu bubuk
25 gr ragi (Pilih yang bubuk dan isntan)
70 cc air Es
100 gr Margarin (Bisa diganti dengan Mentega)
250 gr Gula pasir halus
1000 gr Tepung terigu
Pewarna makanan, secukupnya

Cara membuat Roti buaya :

  1. Sediakan 1 buah baskom, kemudian isi dengan margarin atau mentega, masukkan pula gula pasir halus, dan silahkan kocok dengan mixer sampai kedua bahan tercampur marata.
  2. Selanjutnya, apabila kedua bahan diatas sudah tercampur, maka bisa langsung masukkan beberapa bahan lainnya termasuk: Tepung terigu, gula halus, susu bubuk, ragi instan bubuk, garam, dan pewarna makanan.
  3. Ambil telur ayam dan masukkan satu persatu kedalam adonan sebelumnya, kemudian silahkan kocok sampai benar-benar tercampur dengan bahan lainnya.
  4. Tuangkan air Es secara perlahan sambil di kocok mnggunakan Mixer, pastkan bahwa semua bahan tercampur merata.
  5. Jika adonan sudah tercampur, silahkan diamkan selama 30 menit. Tujuannya adalah untuk mengembangkan adonan roti buaya.
  6. Apabila sudah mencapai batas waktu yang ditentukan, segera ambil adonan secukupnya. Buatlah bentukan kue yang sama dengan bentuk buaya.
  7. Silahkan bentuk buaya menggunakan adonan sampai semuanya habis.
  8. Jika semua adonan sudah terbentuk, ambil 1 buah loyang dan oleskan margarin secukupnya.
  9. Letakkan semua bentukan roti buaya diatas loyang,dan masukkan kedalam Oven guna proses pemanggangan.
  10. Panggang roti buaya selama 25 menit atau sampai semuanya matang.
  11. Jika menurut kalian kue sudah matang, segera keluarkan dari dalam oven.
  12. Sajikan roti buaya bersama keluarga.

Berikut adalah bahan dan resep membuat roti buaya yang unik dan enak yang bisa saya share untuk kalian. Ketika kamu bisa membuat roti sendiri, maka secara tidak langsung anda telah berhasil menghemat pengeluaran.