Please! Follow my Instagram.

Resep Membuat Klanting Mudah Ala Rumahan

Cenil dalam arti lain adalah cetil atau klanting merupakan makanan yang terbuat dari pati singkong. Makanan ini bisa dibentuk bulat-bulat kecil atau bujur sangkar atau elips panjang yang kemudian diberi warna sesuai selera sebelum direbus. Klanting biasanya disajikan bersama parutan kelapa dan selanjutnya pada bagian atas maupun sisi ditaburi gula pasir. Namun tak jarang pula sebagian orang menggunakan gula merah leleh sebelum di sajikan, Klanting sendiri masuk dalam kategory jajanan pasar.

Dulu waktu saya kecil, setiap kali ibu saya pergi ke pasar, saya selalu harus membeli jajanan ini, biasanya dicampur dengan kue lupis. Menurut saya pribadi, jajanan ini sangat enak, apalagi dibungkus dengan daun pisang. Nah pada resep Klanting kali ini, saya hanya memanfaatkan tepung pati sebagai bahan dasar pembuatan Klanting. Sedangkan proses pembuatan-nya menurut saya tidak sulit, bahkan Anda dapat mengikuti panduannya dengan sangat mudah melalui metode sederhana seperti di bawah ini.

Resep Klanting Jawa Timur

Bahan Utama:
-300 gram tepung kanji atau dapat diganti dengan tepung (tapioka,aci,singkong)
-150 ml air bersih mentah
-1 liter Air yang sudah di rebus
-1/2 sdt garam halus
-Pasta pandan secukupnya
-Pasta strawberry secukupnya

Bahan Toping:
-50 gram Kelapa parut
-10 ml Santan kara / Instan
-1 jumput Garam halus
-Gula merah secukupnya
-Gula pasir secukupnya

Langkah langkah Membuat Kue klanting

1. Campur pati dengan garam, lalu tuangkan ke dalam air panas dan segera aduk hingga semua bahan tercampur rata menjadi adonan yang bisa digulung.
2. Ambil 6 sendok makan tepung tapioka kemudian larutkan menggunakan sedikit air dan garam.
3. Masukkan tepung tapioka yang sudah larut ke dalam air mendidih, kemudian aduk hingga mengental dan menempel seperti lem.
4. Dalam keadaan masih panas, tambahkan bahan biang ke sisa tepung secara perlahan, kemudian uleni sampai tekstur adonan menjadi elastis sehingga dapat di gulung dengan mudah.
5. Silahkan bagi adonan menjadi 3 bagian sama dan biarkan satu adonan menjadi berwarna putih, selanjutnya adonan kedua beri pasta pandan dan sementara adonan ketiga beri pasta strawberry.
6. Buat semua bagian adonan menjadi bentuk panjang kecil-kecil dan sisihkan
7. Panaskan air mentah sampai mendidih, kemudian masukkan Adonan Klanting yang sebelumnya telah di bentuk.
8. Tunggu hingga Klanting / cenil matang. Perlu anda ketahui, Adonan yang sudah matang biasanya akan mengapung.
9. Jika adonan sudah matang, silahkan Angkat dan kukus selama kurang lebih 10 menit
10. Untuk topping klanting, campur rata kelapa parut dengan bahan santan instan, setelah itu tambahkan garam halus secukupnya dan kukus selama 10 menit.
11. Untuk gula merah bisa dibuat cair, jadi prosesnya rebus gula merah secukupnya ditambah air.

12. Rebus hingga airnya berkurang, lalu tambahkan sedikit larutan yang terbuat dari pati. Aduk hingga mengental, Angkat dan matikan kompor.

13. Ambil piring saji, masukkan klanting dan beri toping di atasnya, lalu sajikan dalam keadaan dingin.

Tips Memasak
Jika Anda menggunakan gula merah cair, maka Anda tidak perlu menambahkan gula pasir, tetapi ini sebenarnya sesuai selera.
Penyajian. Ambil Cenil secukupnya, kemudian beri kelapa parut yang sudah anda kukus dan aduk hingga rata lalu taburi dengan gula pasir atau gula merah cair, Anda dapat menyesuaikan topping Klanting sesuai selera.
Menurut saya, Klanting sangat enak di makan dalam keadaan dingin