Please! Follow my Instagram.

Resep Garam Asem Paling Enak Asli Banten

Kalau bicara soal gerem asem bebek, maka rasanya kurang enak jika tidak tahu asal usulnya. Jadi, Gerem asem bebek pontang tradisional ini dapat ditemukan di daerah Kilasah, atau lebih tepatnya lagi di Kota Serang. Saya yakin, semua orang pasti menyukai masakan yang satu ini karena memang Gerem asem ini rasanya sangat enak. Perpaduan antara rasa asam dan pedas membuat lidah seakan tidak mau berhenti untuk menikmatinya. Rasa pedas pada Gerem asem ini bukan karena banyaknya cabe yang digunakan sebagai resep, melainkan adanya bumbu rempah-rempah yang merupakan bumbu utama dan menjadi ciri khas masakan yang satu ini.

Daging ayam atau daging bebek adalah jenis daging yang sering dijadikan sebagi bahan dasar untuk membuat gerem asem. Meski demikian, sampai saat ini banyak juga orang yang masih menggunakan daging kambing sebagai bahan dasar masakan ini. Sebenarnya proses pembuatan Gerem asem tidak sulit seperti yang kita bayangkan. Cukup bersihkan daging yang sudah kita tentukan sebagai bahan dasar gerem asem, lalu masak dengan bumbu rempah-rempah, tak terkecuali Asam jawa. tertarik ingin membuat gerem asem sendiri dirumah? Yuk simak 1 resep gerem asem bebek dibawah ini!

Bahan bahan membuat garam asem sederhana :

Bahan dan bumbu:
1 ekor bebek
1 rua jari Jahe
1 sdt Gula merah
2 sdm Gula pasir
1 sdm Kaldu jamur
3 buah asam jawa mentah segar
5 lembar daun salam
150 gr Bawang merah
150 gr Cabe rawit hijau
Garam, secukupnya
Air mentah, secukupnya
Jeruk nipis, secukupnya
Sereh secukupnya

Langkah langkah membuat garam asem khas Serang Banten :

  1. Potong daging bebek dengan ukuran sesuai selera, lalu silahkan buang daging bagian ekor. Tujuannya adalah supaya masakan gerem asam tidak bau.
  2. Cuci sampai bersih daging bebek yang sudah dipotong-potong, tiriskan
  3. belah menjadi 2 bagian jeruk nips secukupnya, lalu peras airnya dan balutkan kedalam potongan daging bebek yang sudah dicuci. Diamkan selama 10 menit supaya bau amisnya berkurang dan cuci kembali lalu tiriskan
  4. Geprek 1 ruas jari Jahe, batang serai secukupnya, dan 2 ruas lengkuas lalu sisihkan
  5. Silahkan tumbuk kasar cabe rawit dan bawang merah.
  6. Selanjutnya, masukkan daging bebek, bumbu yang sebelumnya sudah ditumbuk kasar, beberapa bumbu yang sudah di geprek (Jahe, serai dan lengkuas), dan asam mentah ke dalam panci.
  7. Silahkan masak daging bebek beserta bumbu diatas tanpa menggunakan air, tunggu sampai beberapa menit sampai kandungan air dan minyak dari daging bebek keluar.
  8. Jika masakan sudah mengeluarkan minyak dan air, silahkan aduk-aduk sampai dagingnya berubah warna.
  9. Tuangkan air putih secukupnya sampai daging bebek terendam dan masak sampai airnya mendidih.
  10. Dalam masakan yang sudah mendidih, masukkan Garam secukupnya, Gula merah, Gula pasir, dan kadu jamur.
  11. Silahkan masukkan bumbu yang tersisa kedalam masakan gerem bebek lalu aduk kembali sampai merata dan tunggu hingga matang.
  12. Angkat dan sajikan bersama nasi putih hangat.

Tips memasak :
Supaya gerem asam bebek menjadi pedas, maka kamu bisa memotong bumbu cabe saat hendak dimasak.

Selain rasa gurih, ada juga rasa unggulan berupa rasa pedas yang dipadukan dengan rasa asam. Saat menggunakan daging bebek, waktu memasak kemungkinan besar akan sedikit lebih lama. Berbeda jika menggunakan potongan dari daging ayam, dimana daging ayam menjadi cepat empuk saat dimasak.