11 Makanan Khas Taiwan Jangan Sampai Tertinggal Jika Kesana

Apakah kamu punya rencana liburan ke Taiwan? Jika iya, pastikan kamu jangan lupa untuk berwisata kuliner disana. Sama seperti China, negara yang juga disebut Taipei atau Taiwan ini. Memiliki kesamaan keduanya dalam kuliner.

Ternyata ada salah satu kuliner taiwan yang sangat terkenal baru baru ini di indonesia tahukah kamu? Ya. Boba milk Tea, menjadi minuman favorit beberapa tahun belakangan ini. Khususnya dikalangan anak muda. Berikut 12 kuliner khas taiwan yang wajib kamu coba :

1. Bubble Milk Tea (Tea)

Boba pertama kali dikenalkan pada tahun 1980an di Taiwan. Bola-bola mini ini memiliki tekstur yang kenyal dan terbuat dari tepung tapioka serta menjadi campuran minuman manis. Tidak hanya di Asia saja, tetapi boba juga populer di Eropa, Amerika bahkan di Australia. Sebutan lain dari boba adalah pearl milk tea atau boba pearl.
Minuman ini sekarang menjadi popularitas. Campuran teh dan susu dengan varian rasa dan dilengkapi dengan berbagai bahan, minuman yang dikenal sebagai boba atau gelembung teh ternyata awalnya di Taiwan terlebih dahulu.

Cara membuat boba

2. Beef Noodle Soup

Nama lain dari Beef Noodle Soup adalah Ban Mian. Banyak yang menyebut bahwa makanan khas taiwan ini merupakan mie mulur yang berkuah kaldu gurih dengan adanya irisan daging sapi. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, ikuti langkahnya dalam memasak secara seksama dan dapatkan beef noodle soup yang bercita rasa istimewa.

Tekstur mie yang tidak terlalu padat juga dikasih sayur, daging sapi dan bahan-bahan lainnya, dan dilanjutkan dengan kaldu sapi asin, makanan khusus Taiwan dijamin memanjakan lidahmu.

Cara membuat beef noodle soup

3. Stinky Tofu

Makanan ini memang berasal dari Tiongkok atau cina dan mudah ditemukan di pasar jajanan malam atau pedagang yang ada di pinggir jalan hongkong namun juga menjadi makanan khas taiwan juga. Dari segi rasa, ada yang menyebut kalau stinky tofu ini bercita rasa mirip dengan blue cheese. Dari warga Tiongkok sendiri mengatakan kalau semakin busuk bau tahu maka rasanya makin enak.

Baca Juga :  Resep Dan Cara Membuat Beef Noodle Soup Enak

Makanan khas Taiwan ini sendiri memiliki banyak resep penyajian, mulai dari direbus, digoreng ataupun dimasak bersama makanan lainnya. Namun, salah satu yang paling digemari adalah yang digoreng.

Cara membuat Stinky tofu

4. Nastar

Kue kering merupakan kue yang paling banyak digemari oleh tiap orang terutama ketika lebaran. Tak sedikit yang meraup banyak keuntungan dengan menjual aneka kue kering saat bulan puasa. Misalnya saja seperti putri salju, kue kacang, kue lidah kucing dan favorit banyak orang yakni nastar. Nastar merupakan makanan khas taiwan, ada banyak variasi nastar yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Cara membuat nastar

5. Omelet Tiram

Omelet tiram, makanan khas Taiwan ini terasa gurih jika cara memasaknya benar. Ada saus yang bisa Anda siramkan pada sajian omelet. Sementara untuk bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa dengan mudah kita dapatkan. Anda bisa menyimpan pula bagaimana cara membuat saus omelet.

Berbeda dengan omelet biasa yang hanya menggunakan telur, makanan khas Taiwan yang satu ini menggunakan campuran tepung dan air serta tambahan sayuran dan juga saus khas.

Cara membuat Omelet tiram

6. Bakpao

Bakpao bisa dikategorikan sebagai roti. Bakpao terbuat dari adonan tepung terigu yang diberi ragi supaya mengembang. Kemudian, diberi bermacam isian pada bagian tengahnya. Rasa bakpao tidak hanya daging saja, ada pula rasa coklat, kacang hijau, strawberry dan rasa lainnya.

Cara membuat bakpao

7. Mee Sua Tiram

Mee Sua Oysters terdiri dari vermicelli manis atau misea yang dimasak baik direbus dan dikombinasikan dengan saus berambut cokelat yang berasal dari tiram dan irisan tiram, jamur, telur rebus dan potongan daging.

Mee Sua Oysters memiliki rasa yang lezat dan khas, dan sangat lezat untuk dimakan ketika masih panas atau panas.

Baca Juga :  Resep Dan Cara Membuat Omelet Tiram Yang Enak

8. Gua Bao

Gua Bao dibuat dari sepotong daging rebus yang dibumbui dan kemudian diapit dengan dua roti polos, mirip seperti sandwich.

Untuk isinya sendiri bervariasi seperti daging babi, sapi, ayam, ikan, dan telur. Sebagai pelengkap biasanya ditambah acar sawi, mustard, daun ketumbar, dan kacang tanah.

9. Mie Kuah Sapi

Makanan ini terdiri dari tiga bahan penting, mie, sup dan yang penting adalah daging. Saus itu dibuat untuk sup Hong Shao dan ditambah dengan lembu sirloin serta sapi ke bubur sebelumnya. Anda dapat menemukan makanan ini dari stand kecil bahkan restoran yang terkenal. Setiap orang memiliki cara presentasi yang berbeda, tetapi tentu saja menghasilkan rasa yang sangat lezat.

10. Bento

Ini makanan adalah makanan sehari-hari di Taiwan dan dapat ditemukan dengan mudah. Dipengaruhi oleh makanan kotak Jepang yang digunakan di Taiwan lebih dari setengah abad. Setiap rumah akan menyediakan makanan kosong dengan sterstyrofoam busa dan terdiri dari beberapa hidangan yang menyertainya. Anda dapat memilih berbagai jenis sayuran atau menemani hidangan sesuai selera.

11. Curry Rice Taiwan

Ini adalah hidangan nasi dengan tambahan kari yang pedas, nasi bisa ditentukan sendiri. Nasi kari ini sendiri dihidangkan telur diatsnya.

Di dunia bagian Barat, casseroles dan mac & cheese disebut sebagai comfort food, tetapi di Asia tidak ada yang bisa menandingi sepiring besar nasi yang dihidangkan dengan saus kari, dan gorengan serta telur di atasnya!

12. Chicken Chutlet

Anda pasti akan terkejut jika potongan ayam goreng panas dan segar, tetapi sangat lezat, ukuran ini lebih besar dari wajah Anda! Mungkin ini bukan makanan sehat, tetapi tentu saja dapat menyembuhkan semua jenis keinginan dan kelelahan membebaskan. Kami memilih bahwa ini adalah “makanan besar” berikutnya!