11 Makanan Khas Malaysia Yang Sangat Populer Dan Menggugah Selera

pernah kah kamu berkunjung ke negeri Jiran Malaysia? Jika belum dan akan berencana berlibur kesana pastikan jangan ketinggalan untuk mencicipi kuliner khas malaysia.

Malaysia adalah negara di Asia tenggara, dan menjadi negara persemakmuran Inggris bersamaan dengan brunai juga singapura. Walaupun negeri dengan ibu kota Kuala lumpur ini dijajah oleh Inggris selama beberapa tahun, tetapi tidak mempengaruhi budaya dan kekhasan kulinernya.

Sama seperti negara Asia lainya, malaysia merupakan dengan makanan jenis oriental bukan kontinental. Dengan ciri khas rempah rempah yang berlimpah dan makanan pokok nasi, yang mana sama dengan makanan khas Indonesia.

Negeri Jiran ini terdiri dari etnis Melayu, Tionghoa dan tamil. Antara perpaduan budaya yang berbeda membentuk kuliner yang khas. Dan menjadikanya lebih berwarna. Sama seperti negara lainya di Asia, makanan khas malaysia merupakan makanan oriental yang identik dengan banyak rempah rempah di dalamnya, dan juga memiliki rasa dan harum yang kuat. Dibawah ini adalah 10 makanan khas malaysia yang bisa kamu buat Dirumah.

1. Nasi Lemak

Nasi lemak merupakan makanan khas semenanjung malysia. nasi lemak ini hampir mirip dengan nasi uduk. Namun masih memiliki perbedaan sedikit rasa. Selain dari perbedaan rasa, nasi lemak juga memiliki perbedaan di toppingnya.Nasi lemak ini terkenal dan populernya Singapura dan Malaysia. Gimana apa kalian masih penasaran dengan nasi lemak ini? Apa kalian ingin mencobanya juga. Nahh bagi kalian yang penasaran mari kita kita simak cara membuat nasi lemak di bawah ini dan apa saja bahan-bahan yang di perlukanya.

Makanan ini terbuat dari nasi yang direndam dalam krim kelapa, kemudian dikukus sampai dimasak. Tidak hanya itu, beberapa rempah-rempah, seperti pandan, jahe, dan serai juga digunakan untuk membuat aroma lemak beras. Beras lemak akan disajikan dengan lauk ayam goreng, telur rebus, tumis kangkung, sapi goreng, saus goreng goreng dan cabai sotong. Rasa beras lemak ini sangat gurih dan sedikit seperti nasi, beras campuran atau beras lemak jambi. Dijamin, perut Anda akan sepenuhnya terisi penuh setelah menghabiskan sepiring nasi lemak ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Asam Laksa Penang Yang Lezat

Cara membuat nasi lemak

2. Asam Laksa Penang

Bagi Anda yang tidak tahu Laksa, Anda perlu tahu bahwa asal laksa adalah makanan paling favorit di Asia Tenggara. Bahkan koki legendaris Anthony Bourdain pernah berkata jika Laksa adalah makanan terbaik yang pernah ada. Seolah-olah tidak akan kalah dengan bakso dan sate, Laksa juga masuk ke dalam daftar makanan terbaik dan menengahi tempat kedua untuk jenis Laksa Penang. Seperti namanya, jenis Laksa Penang ini berasal dari negara tetangga kami, Malaysia. Pernahkah Anda merasakan satu makanan khusus Malaysia?

Laksa Penang Asam adalah kombinasi masakan Cina dengan Melayu. Makanan ini memiliki rasa pedas segar dan tentu saja sangat lezat. Bagi Anda penggemar masakan pedas, tentu saja tidak diizinkan melewatkan kuliner yang satu ini.

Cara membuat asam Laksa penang

3. Palak Paneer

Palak paneer sebenarnya merupakan makanan tradisional india yang mana nama palak itu berarti bayam dan paneer yang berarti keju india. Makanan ini biasanya cocok disantap bersama nasi atau roti naan. Selain memiliki rasa yang lezat dan nikmat, palak paneer ini juga mengandung banyak gizi yang bisa kita dapatkan.

Hidangan ini juga dijual oleh pedagang kuliner India. Palak Paneer adalah saus hijau. Kenapa hijau? Karena saus kari ini diproses dengan bayam segar. Selain itu, saus kari juga diberi keju kambing tambahan. Palak Paneer biasanya dimakan dengan roti khas India, seperti Chapatis atau Bhatase. Meskipun visualisasi hidangan ini bisa agak aneh, tetapi rasanya dijamin sehingga Anda kecanduan sehingga Anda ingin membeli berulang-ulang.

Cara Membuat Palak Paneer

4. Mee Siam

Mungkin beberapa dari kita sudah pernah mendengar nama mee siam, terlebih jika anda merupakan seorang penggemar masakan melayu. Mee siam jika deskripsikan ialah suatu hidangan mie beras tipis (sohun) yang dipadukan dengan rasa pedas, manis, dan sedikit rasa asam. Kita yang merupakan warga Indonesia tentu akan sangat cocok dengan makanan ini, dimana mee siam memiliki cita rasa yang tidak jauh berbeda dengan lidah indonesia.

Baca Juga :  Cara Membuat Nasi Lemak Dengan Resep Terbaik Dan Sederhana

Mee Siam adalah kuliner khas di Malaysia yang mendapatkan ‘Trully Malaysia’. Kuliner ini sangat tebal dengan kombinasi budaya Cina dan Melayu. Mee Siam terbuat dari Misa alias Vermicelli disajikan dengan saus pedas dan pedas yang mirip dengan saus Laksa. Mee Siam disajikan dengan irisan telur dadar dan taburan daun bawang.

Cara Membuat Mee Siam

5. Ayam Percik

Mungkin diantara kita ada yang bertanya seperti apa menu ayam andalan dari negara Malaysia? Jika kita lihat di Indonesia tentu mempunyai banyak menu mulai dari opor ayam, sate ayam, woku, dan lain-lain, yang mana rasanya tidak perlu diragukan lagi. Sedangkah untuk dinegara jiran itu sendiri salah satu makanan yang wajib anda coba yaitu ayam percik khas Malaysia. Bagi anda penggemar masakan melayu, mungkin nama tersebut sudah tidak asing lagi ditelinga.

Kuliner ayam satu ini memiliki nama unik karena diolah dengan cara merendam ayam ke dalam bumbu untuk kemudian dipanggang sehingga sedikit angus. Saat dipanggang, ayam diberi bumbu tambahan dengan cara dipercik sehingga menjadikan makanan ini bernama ayam percik. Saat sudah selesai dipanggang, sebelum disajikan ayam kembali dibalur dengan saus sehingga aroma dan cita rasanya tetap terjaga dari luar dan dalam ayam.

Cara Membuat Ayam Percik

6. Ayam Pongteh

Ayam Pongteh terlihat seperti sup ayam dan normal dengan potongan-potongan kentang dan champignons shitake, sehingga bahan-bahannya lebih lengkap dan menyenangkan. Sebenarnya, masakan ini menggunakan daging non-halal, tetapi di Malaysia, daging yang digunakan adalah daging ayam. Pandangan khas Malaysia ini memiliki rasa khas dalam saus karena penggunaan tauco yang dicampur selama memasak.

7. Nasi Daun Pisang

Dari namanya sendiri, kita dapat menebak bahwa beras ini tentu saja disajikan di daun pisang. Pada awalnya, kuliner ini berasal dari daerah di India Selatan, seperti Tamil, Kerala, Karnataka, dan juga Andra Pradesh. Kemudian dia dibawa ke Malaysia melalui pedagang India yang berkeliaran di negara tetangga ini. Proses presentasi itu sendiri adalah lembaran pisang pertama yang diregangkan terlebih dahulu. Kemudian nasi dan berbagai jenis sayuran. Setelah itu, itu akan diisi dengan rempah-rempah kari untuk menambah rasa. Rempah-rempah kari ini adalah karakteristik dari makanan India.

Baca Juga :  Cara Membuat Ayam Percik Yang Lezat

8. Nasi Kerabu

Hidangan ini dilakukan dengan cara yang unik karena memiliki warna kebiruan sehingga banyak orang ingin tahu tentang hal itu. Biru bukan karena nasi sudah usang atau kombinasi, tetapi itu terjadi melalui penggunaan kelopak bunga selama proses memasak. Hidangan ini biasanya merupakan makanan utama dengan lauk, seperti ikan kering, ayam goreng, telur asin, kue, ayam bakar dan berbagai jenis sayuran.

9. Umai

Makanan yang terbuat dari ikan atau udang Teniri mudah ditemukan di beberapa restoran di Kuching. Makan Umai dapat dilakukan secara langsung atau ayam dan dengan cat beras putih.

Kombinasi rempah cabai pedas dan asam, jahe dan akhirnya jus lemon darat bersama dengan bahan-bahan dasar umai membuatnya terasa sangat istimewa.

10. Lapis Serawak

Makanan Melayu biasanya dikenali sebagai Kek Layer Sarawak atau Kek Lapis Sarawak moden. Makanan ini sering dilakukan semasa sambutan hari-hari keagamaan, seperti Idul Fitri, Krismas dan Deepvali. Bahan utama yang digunakan untuk membuat lapisan sarwak adalah mentega, susu, telur dan jem.

11. Apam Balik

Makan ini terbuat dari campuran tepung, telur, susu cair, margarin, gula dan garam. Sambil mengisi, biasanya terbuat dari kacang tanpa kulit, gula pasir, krim dan juga margarin dicampur dalam satu.

You May Also Like