Please! Follow my Instagram.

13 Makanan Khas Korea Paling Terkenal, Ala Drama Korea

Korea merupakan salah satu Negara dengan jenis makanan oriental. Karena letaknya berada di Asia dan cita rasa masakannya khas dengan perpaduan banyak rempah rempah didalamnya. Negri ginseng ini memiliki budaya yang hampir mirip dengan Korea Utara, kedua negara ini memiliki historis pengaruh budaya dari negeri tirai bambu China. Tetapi Korea dapat membuatnya lebih unik dan beragam.

Negara dengan ibu kota soul ini sangat terkenal dengan drama dan kpopnya, banyak penikmat dari seluruh dunia termasuk Indonesia meminatinya. Tak jarang juga dalam drama dan kpop mereka selalu menyelipkan budaya budaya mereka sehingga membuatnya semakin dikenal dunia. Berikut dibawah ini 13 contoh makanan khas korea yang bisa kamu buat Dirumah.

1. Bibimbap, Khas Drama Korea

Bibimbap merupakan salah satu masakan ala Korea yang begitu populer .jika kamu penasaran dengan masakan tersebut kamu bisa mencoba membuat masakan tersebut di rumah anda masing-masing 

Salah satu cara dipakai untuk melayani menu para peminatnya sendiri yaitu dengan cara meletakkan di dalam mangkuk panas dan diperbuat daripada batu yang telah dipanaskan atau biasa dengan orang-orang dengan istilah Dolsot.

Dinyatakan bahwa biasanya ada 7 jenis sayuran di bibimbab yang kemudian dicampur dengan daging dan telur atau tahu. Makanan ini harus langsung dimakan dalam keadaan hangat sehingga terasa lebih lezat.

Cara membuat bibimbap

2. Kimchi, Selalu ada dalam hidangan orang korea

Makanan kimchi ini berguna untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan tentunya halal. Bagi Anda yang ingin berhemat tetapi juga ingin menjaga tubuh selalu tetap sehat, Anda juga dapat mencoba membuat masakan kimchi ini di rumah Anda sendiri. Karena masakan kimchi ini bahan yang digunakan sangat sederhana dan mudah dijangkau. Jadi Anda tidak perlu lagi mencapai begitu banyak tas. Cukup beli bahannya saja. Tetapi dalam membuat hidangan kimchi itu tidak mudah.

Salah satu makanan Korea ini adalah sayuran fermentasi dengan rempah-rempah yang khas sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan asam. Bagi orang-orang Korea, rasanya kurang sempurna jika Anda makan tidak ada kimchi. Karena itu adalah makanan fermentasi, jadi tentu saja makanan ini sangat tahan lama.

Cara membuat kimchi

3. Kimbap, mirip sushi

Banyak restoran utama kota ada di Indonesia yang menjual dan menyediakan makanan kimbap atau makanan gaya Korea yang halal. Jadi Anda tidak akan kesulitan jika Anda ingin membeli Kimbap di Indonesia. Dan jika Anda ingin menghemat hidup, Anda juga dapat mencoba dan membuatnya sendiri di rumah Anda. Anda tidak perlu bingung dan khawatir tentang bahan-bahan yang harus digunakan dalam membuat kimbap. Karena di sini saya sendiri akan memberi tahu Anda tentang materi dan langkah-langkah yang harus digunakan dalam membuat kimbap. Untuk bahan yang digunakan sendiri, cukup mudah untuk mendapatkannya, Anda tahu!

Cara membuat kimbap

4. Sannakji, bahan dasar gurita hidup

Jadi untuk kalian yang ingin mencoba mengkonsumsi hidangan ini harus dengan hati-hati saat mengunyah nya. Hidangan ini gak boleh asal sembarangan dimakan dan dikunyah. Karena tentakel gurita yang masih aktif bisa tersangkut di tenggorokan  yang bisa menyebabkan kematian.

Untuk jenis makanan Korea ini yang satu ini bukan semua orang untuk memakannya. Bahkan ada beberapa orang Korea yang mengklaim juga tidak memakannya. Sannakji adalah makanan yang berasal dari gurita hidup yang dimakan dengan biji minyak atau wijen.

Cara membuat sannakji

5. Ramyeon, ramen versi korea

Hidangan yang satu ini mempunyai macam – macam cita rasa. Yaitu baik yang rasa pedas maupun tidak pedas. Rameyeon ini sangat cocok dihidangkan dengan menggunakan topping diatasnya. Bahkan hampir di setiap warung makan di  Korea selalu menyajikan rameyeon lengkap dengan berbagai macam – macam toppingnya. Jika membuatnya Dirumah bisa ditambahkan sedikit cabe agar terasa pedas

Ramyeon sebenarnya adalah mie instan dari Korea tetapi mie instan Korea berbeda dari yang ada di Indonesia. Ramyeon cenderung memiliki tekstur dan bumbu yang lebih tebal ketika dicampur dengan air mendidih akan terasa lebih tebal.

Cara membuat ramyeon

6. Tteokbokki

Jika anda penasaran ingin membuat tteokbokki anda bisa perhatikan penjelasan yang akan dijelaskan di artikel dibawah ini. Sebenarnya cara untuk membuat tteokbokki cukup mudah dan tidak terlalu sulit. Untuk bahan – bahan yang di perlukan pun mudah di jangkau. Cuma hanya ada salah satu bahan saja yang harganya bisa meguras kantong kita. Apa itu bahan tersebut ?  Yaitu saus gochujang. Saus gochujang ini hanya bisa kita dapatkan di supermarket  yang menyediakan bahan-bahan import.

Jajanan khas Korea ini juga memiliki berbagai rasa dan varian biasa yang disajikan dalam perayaan liburan tertentu. Makanan khas Korea Selatan ini berbentuk batang atau silinder dan dimasak bersama dengan gochujang dan gula pasir. Sementara berdasarkan cara membuatnya ttok terdiri dari ttok kukus, tumbuk, rebus, dan juga tumis.

Cara membuat tteokbokki

7. Jajangmyeon

Buat kalian yang belum tahu dan belum pernah mendengar makanan Jajangmyeon tentu saja akan terdengar asing di telinga kalian dan penasaran pula kalian dengan makanan ini. Makanan Jajangmyeon merupakan makanan yang sering kita jumpai di kuliner khas Korea. Makanan Jajangmyeon sering pula muncul di setiap film drama Korea sebagai makanan yang selalu di konsumsi para pemain drama Korea dan orang – orang Korea.

Secara harfiah jjajang berarti saus goreng sementara myeon berarti mie. Tekstur mie digunakan tebal dan terbuat dari tepung gandum. Sedangkan saus tebal yang digunakan terbuat dari kedelai hitam atau chunjang dengan berbagai bahan lainnya. Seperti bawang merah cincang, zucchini dan daging merah atau makanan laut.

Cara membuat jajangmyeon

8. Japchae

Japchae adalah salah satu menu yang memiliki nilai yang baik untuk memenuhi asupan gizi di tubuh kita. Banyak orang menyukai hidangan jhapchae. Karena rasa menu Jhapchae mampu membuat lidah konsumen makan dan menikmati masakan Jhapchae. Bahan yang digunakan untuk membuat jhapchae tidak terlalu sulit. Karena bahan yang digunakan dalam hidangan Jhapchae mudah dijangkau.

Makanan ini termasuk dalam kategori Banchan atau lauk samping dalam tradisi kuliner Korea. Setiap hidangan ada bahan seperti daging sapi dan sayuran yang dipotong menjadi panjang kecil dan ditambah berbagai rempah-rempah khusus.

Cara membuat japchae

9. Haejangguk

Haejangguk adalah hidangan yang terbuat dari tulang kaki, cabang pengamplasan dan usus dari daging sapi yang telah direbus dan dicampur dengan pasta kedelai dan gumpalan darah sapi. Haejangguk juga salah satu menu dari Korea. Orang Korea membuat menu Haejangguk sebagai menu andalan untuk mengobati mabuk. Haejangguk biasanya disajikan dan dimakan dengan nasi. Menurut Analisis Choi Joon – Menu YHOUNG yang dibuat oleh Haejangguk adalah bahan-bahan yang dapat membersihkan tubuh atau mengembalikan tubuh kita agar normal lagi ketika kita mabuk.

Sebelumnya, kegunaan hidangan ini cukup unik. Ini karena Haejangguk biasanya dimakan untuk terbangun dari mabuk. Sekarang, Haejangguk terkenal dengan hidangan favorit di malam hari. Cara memasak Haejangguk relatif berbeda di setiap wilayah.

Cara membuat haejangguk

10. Bulgogi

Bulgogi juga merupakan hidangan yang menyerupai menu Jepang yakiniku. Cara membuat atau memprosesnya hampir sama. Hanya saja ada yang membedakan dari dua piring. Perbedaan itu dapat dilihat dari penggunaan rempah-rempah yang digunakan. Rempah-rempah yang digunakan dalam memasak hidangan bulgogi lebih manis daripada piring yang digunakan di narapidana saya. Untuk perbedaan lain, air yang digunakan untuk memasak juga lebih karena panci yang digunakan menggunakan panci datar.

Dalam membuat dagingnya yang digunakan termasuk daging sirloin terbaik atau bagian terbaik dari daging sapi. Sementara rempah-rempah yang digunakan di dalamnya adalah campuran kecap, gula, dan herbal khas lainnya.

Rempah-rempah yang khas ini akan sangat tergantung pada resep dari asal daerah di Korea. Selain itu, sebelum makan, bulgogi akan dibungkus dengan kimchi, bawang putih, dan rasa rasa lainnya menggunakan selada.

Cara membuat bulgogi

11. Cheonggukjang

Makanan ini sangat sehat untuk tubuh ini karena bahan dalam makanan ini. Ada bakteri Bacillus subtlis yang dapat menggambarkan protein kedelai ke dalam asam amino dan saponin. Konten ini diyakini mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan fungsi hati. Dapat juga dipilih untuk makanan diet dan memperlambat penuaan.

12. Jjamppong

Selanjutnya ada Jjamppong yang merupakan favorit pecinta makanan laut. Bagaimana bisa? Jjamppong yang mencakup piring MI akan disajikan dengan berbagai laut olahan seperti udang, cumi-cumi, kerang, dan gurita. Kita tidak perlu khawatir tentang kadar kolesterol, karena ada sayuran yang disediakan di Jjamppong. Karena isinya cukup banyak, Jjamppong cocok untuk kita bagi kita yang membutuhkan santapan bermotor tanpa menambah berat badan.

12. Miyeok guk

Miyeok adalah sup rumput laut dengan kaldu ayam atau kaldu daging lainnya. Makanan Korea yang mudah membuat ini menggunakan rempah-rempah khusus yang menciptakan inspirasi. Di balik penampilannya yang sederhana, Miyeok memberi bukan hanya sup, Anda tahu. Komunitas Korea berkurang untuk membuatnya untuk orang-orang yang memiliki ulang tahun sehingga mereka memiliki umur panjang. Terkadang Miyeok Guk diberikan kepada pasien di rumah sakit.

Itulah beberapa jajanan khas Korea yang bisa kamu bikin Dirumah, dan tentunya kamu bisa mengkreasikan ya sendiri dengan bahan bahan yang halal. Dan tentu saja dengan tambahn cabe agar memiliki rasa yang pedas seperti makanan khas Indonesia pada umumnya.