10+ Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Dicari Wisatawan

Lumpia

Tahukah kamu jika makanan asli khas Jawa tengah memiliki rasa sedikit manis? Jika belum tahu cobalah berpergian ke provinsi Jawa tengah ini. Bagi beberapa orang yang pernah kesana pasti tidak asing lagi dengan rasa makanan yang dibuat disana.

Jika kamu ada rencana kesana mungkin kuliah, kerja atau sekedar berwisata jangan sampai melewatkan makanan tradisional khas Jawa tengah. Berikut daftar 10+ makanan khas Jawa tengah paling populer :

1. Soto semarang

Soto semarang
soto semarang

Kelezatan Soto Semarang ternyata terbuat dari bahan dasar ayam kampung dan memiliki kuah bening khas dengan rasa manis di kuahnya yang gurih. Cita rasa yang ringan dari soto ini membuat soto khas ibu kota Jawa Tengah ini enak disantap kapan saja, termasuk sebagai bagian dari menu sahur. Semangkuk soto ini juga dapat disajikan dengan sat tusuk sate telur puyuh, atau usus, atau bisa juga bersama tahu goreng, dan daging goreng lainnya seperti usus, paru-paru, atau hati ampela ayam. Satu hal yang menarik dari kuliner ini adalah, Anda dapat menyajikan soto Semarang ini sebagai menu andalan yang dapat dinikmati semua keluarga.

Cara membuat soto semarang

2. Lumpia

Lumpia
lumpia

Dengan isian yang bervariasi, lumpia biasanya mengungguli kebanyakan makanan ringan lainnya. Misalnya, jika gorengan seperti bakwan atau tahu dihidangkan, bisa dipastikan camilan lumpia akan disajikan lebih dulu dan kebanyakan orang akan memilih camilan ini. Kali ini saya akan menunjukkan cara membuat lumpia goreng dengan isian ayam dan sayur yang dibuat dengan perpaduan Kecap Manis Bango dan Royco rasa Kuah Ayam. Rasa manis dan gurih dari isiannya melengkapi lumpia yang disajikan dalam keaadaan hangat sehingga rasanya masih renyah. Wah, saya sudah tidak sabar untuk membuat lumpia sore ini. Jadi bagaimana denganmu?

Baca Juga :  Cara Membuat Tahu Gimbal Enak Sederhana Cocok Untuk Jualan

Cara membuat lumpia

3. Tahu gimbal

Tahu gimbal
tahu gimbal

Tahu Gimbal merupakan masakan tradisional yang memadukan beberapa bahan seperti tahu goreng, irisan kol, lontong, tauge, telur, dan gimbal yang kemudian diolah dengan menambahkan bumbu berupa saus kacang. Kuliner Ini adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang paling terkenal. Apalagi di Semarang, Jawa Tengah, di mana Tahu Gimbal adalah spesialis daerahnya. Gimbal adalah udang goreng dengan bentuk “Udang Bakwan”. Lontong dan gimbal dipotong kecil-kecil dan diletakkan di atas piring selama proses penyajian.

Cara membuat tahu gimbal

4. Wingko babat

Wingko babat
Wingko babat

Jika Anda melintasi jalur Pantura, niscaya Anda akan menemukan banyak pedagang yang menjual dan membeli Wingko Babat di stasiun kereta, terminal bus, toko makanan ringan, dan toko suvenir. Memang, jajanan ini sangat terlihat sedrhana. Tapi asal kau tahu, meski sederhana, wingko babat merupakan jajanan tradisional yang manis, gurih, dan enak yang masih digemari oleh banyak pecinta jajanan Indonesia. Pembuatan wingko babat sebenarnya cukup sederhana karena bahan yang tersedia banyak dan prosesnya juga cukup sederhana. Saya yakin, semua orang bisa membuat jajanan wingko dengan syarat ingin mencoba dan tahu cara yang benar. Karena adonannya yang manis, memanggang dalam wajan teflon membutuhkan api sedang dan membutuhkan waktu pemanggangan yang cukup lama.

Baca Juga :  Resep Warisan Khas Soto Semarang Yang Mudah Dan Nikmat

Cara membuat wingko babat

5. Nasi gandul

Beralih ke Pati yang dalam provinsi Jawa tengah ada makanan khas bernama nasi gandul. Makanan tradisional biasanya disajikan menggunakan daun pisang dengan lauk daging sapi kemudian disiram kuah yang segar. Jangan lewatkan salah satu kuliner ini jika berkunjung kesana.

6. Gethuk

Gethuk juga menjadi salah satu makanan khas Jawa tengah walaupun di Jawa timur juga banyak ditemui penjual Gethuk khususnya Gethuk lindri. Jika kamu pernah pergi kota Magelang kamu tidak akan asing dengan Gethuk karena menjadi makanan khas yang banyak dijual disana, ada berbagai macam Gethuk yang dijual mulai Gethuk goreng, Gethuk kukus dan masih banyak lainya. Dan berbagai macam warna yang bisa kamu jumpai disana.

7. Wajik

Wajik juga sering ditemukan saat acara kenduren atau saat hari raya khususnya di daerah Jawa tengah dan Jawa timur. Wajik terbuat dari bahan dasar berupa ketan yang biasanya dibentuk persegi yang diberi warna berbagai macam. Dan biasanya menggunakan gula Jawa atau bisa juga dengan gula pasir

8. Jenang kudus

Siapa yang tidak tahu dengan jajanan khas kota kudus ini. Jika kamu pernah berziarah ke makam para wali pasti tidak ketinggalan dengan oleh oleh yang khas ini. Jenang Kudus dijual kiloan yang perbijinya dibungkus plastik kecil kecil, jenang Kudus memilki banyak warna dan rasanya legit dan nikmat tapi jika kebanyakan juga tidak nikamat akan terasa eneg karena manisnya. Jadi disarankan makan secukupnya atau bisa diberi jarak beberapa saat untuk menyantapnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Lumpia Goreng Khas Semarang Yang Nikmat

9. Mie ongklok

Kenapa diberi nama mie ongklok? Karena menggunakan ongklok atau semacam keranjang kecil yang terbuat dari anyaman bambu dan dipakai buat merebus mie ke dalam kuahnya. Mie khas ini dibuat bersama kol dan daun kucai, kuah yang digunakan kental karena diberi tambahan tepung kanji didalamnya. Jangan lewatkan makanan khas ini jika berpergian kesana.

10. Tempe mendoan

Bisa dikatakan makanan ini yang menjadi makanan paling khas Jawa tengah. Kamu tidak akan kesulitan menemukan makanan satu ini disetiap kota atau kabupaten di Jawa tengah. Krena tempe mendoan banyak dijual oleh pedagang gorengan atau warung warung makan di pinggir jalan. Tapi jangan heran biasanya rasa setiap penjual berbeda tergantung resep yang digunakan. Jangan lewatkan makanan satu ini jika mau kesana.

11. Garang asem

Makanan khas Jawa tengah yaitu Garang asem terbuat dari daging ayam yang dikukus didalam daun pisang dengan santan dan memiliki rasa asam pedas. Makanan satu ini sangat cocok untuk lauk dengan nasi hangat dijamin kamu tidak akan puas dengan hanya satu piring nasi karena rasanay gurih dari santan dan nikmatnya perpaduan asam dan pedas.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + eighteen =