15+ Makanan Khas Betawi Dan Minuman Khas Jakarta Paling Nikmat

Kota jakarta identik dengan suku Betawi, yang merupakan suku asli ibu kota. Tetapi Betawi bukan hanya sekedar suku melainkan sudah menjadi identitas asli kota Jakarta dengan budaya khasnya termasuk kulinernya.

Makanan khas Betawi adalah makanan yang berasal dari Batavia yang sekarang disebut jakarta, budaya serta kulinernya merupakan percampuran beberapa suku seperti Bali, Sumatera, China, Arab, dan Portugis.

Jakarta, yang terletak pesisir Utara pulau Jawa mengalami proses yang panjang hingga menjadi kota pusat dagang, politik hingga budaya. Proses tersebut mulai berlangsung 400 tahun lalu. Sejak saat itu menjadi tempat perbauran budaya dari berbagai latar belakang berbeda.

Hidangan Khas Betawi

Karena Jakarta dahulunya Batavia dan kebanyakan dihuni suku Betawi maka makanan khas Jakarta adalah makanan khas betawi. Saat berkunjung kesana jangan lewatkan makanan khas daerahnya. Apa saja makanan khas betawi?

1. Kerak Telor

Jika mendengar Betawi yang paling pertama terpikirkan menurut saya yaitu ondel ondel dan kerak telornya. Makanan ini terbuat dari bahan dasar campuran telur dan nasi yang diberi toping serundeng.

Salah satu keunikan dari kerak telor adalah proses pembuatanya, yakni wajan akan dibalik hingga langsung mengenai api. Itulah yang menghasilkan kerak pada telor dan membuat aroma yang khas.

Kamu bisa menemukan penjual kerak telor disekitaran tempat wisata Jakarta atau hari festival besar yang sedang berlangsung.

Resep Kerak Telor Khas Betawi

Yusron
Makanan khas Betawi ini tidak hanya terdapat di Jakarta tetapi juga bisa ditemukan hingga larut malam di Bandung. Statusnya memang sudah melegenda, tapi saya yakin banyak dari kita yang belum begitu tahu siapa dia.
Total Time 40 mins
Course Snack
Cuisine betawi, Indonesian
Servings 2 Orang

Ingredients
  

Bahan utama:

  • 1 sdt Penyedap rasa Saya menggunakan Royco kaldu ayam
  • 6 butir Terlur bebek mentah
  • 30 gram Bawang merah yang sudah di goreng
  • 2 sdm Minyak goreng
  • 250 ml Air mentah
  • 100 gram beras ketan putih

Bumbu yang dihaluskan:

  • 1 cm Jahe emprit
  • ½ sdt Merica bubuk putih
  • 3 cm Kencur
  • 3 buah Cabai keriting merah

Bahan Untuk Taburan:

  • 1 sdm Kecap manis Bango
  • 1 sdm Bawang merah Goreng
  • 150 gram Kelapa parut

Instructions
 

Langkah – langkah membuat kerak telor :

  • Jika tidak memiliki bawang Goreng, silahkan kupas bawang merah kemudian iris tipis dan Goreng hingga kering.
  • Rendam 100 gram tepung beras selama semalam menggunakan air bersih secukupnya.
  • Menggunakan Cobek; Haluskan semua bumbu termasuk 1 cm Jahe emprit, ½ sdt Merica bubuk putih, 3 cm Kencur, dan 3 buah Cabai keriting merah, kemudian sisihkan.
  • Sangrai !50 gram Kelapa parut hingga kering dan kandungan airnya menghilang.
  • Panaskan minyak dengan api sedang di atas wajan. Tumis semua bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan, Aduk orak arik dan tunggu hingga tercium aroma harum bumbu.
  • Tambahkan 1 sdt Royco rasa kaldu ayam ke dalam tumisan bumbu, dan angkat, sisihkan.
  • Panasakan kembali wajan yang sudah dibersihkan, kemudian masukkan 3 sdm brs ketan putih.
  • Siram beras menggunakan air bekas rendaman beras sebanyak 2 sdm, kemudian tunggu hingga kandungan air menyusut dan masakan menjadi setengah kering.
  • Masukkan 1 butir telur bebek kedalam masakan, dan masukkan pula 1 sdt bumbu halus yang sudah ditumis serta taburkan 1 sdt bawang goreng.
  • Aduk secara merata telur dan bumbu halus yang sudah di masukkan ke atas masakan beras ketan, Kemudian tutup dan tunggu hingga matang.
  • Balik wajan yang berisi masakan di atas api hingga masakan matang, kemudian Angkat dan ulangi proses ini kembali hingga semua bahan habis digunakan.
  • Jika sudah matang, silahkan angkat Kerak telor.
Keyword cara membuat kerak telor

2. Gado Gado

Kuliner khas Betawi satu ini bisa dikatakan menu makanan menyehatkan, karena terbuat dari bahan dasar sayur sayuran dengan saus kacang. Sayuran yang biasanya digunakan adalah tauge, kacang panjang, timun, kangkung, kubis dan lainya.

Topik Terkait :  Resep Membuat Roti Buaya Terunik dan Paling Nikmat

Sayuran yang telah direbus akan ditata bersama tahu dan tempe goreng yang telah dipotong potong kemudian disiram saus kacang, dan diatasnya ditambah bawang goreng juga kerupuk. Gado gado sangat cocok untuk menu makan siang atau hanya sekedar camilan saat istirahat.

Resep Gado Gado Padang
Check out this recipe
Gado gado padang

3. Soto Betawi

Bisa dikatakan soto merupakan salah satu makanan yang mudah ditemukan di banyak tempat di Indonesia, karena kebanyakan beberapa daerah memiliki resep khasnya sendiri dalam pembuatan soto.

Begitu juga dengan Betawi yang memiliki soto khasnya sendiri, hal pembeda dari soto lainya adalah mereka menggunakan santan dan susu. Tentu soto Betawi tidak akan berwarna jernih karena tambahan santan dan susu tadi.

4. Ketoprak

Ketoprak hampir mirip dengan gado gado karena bumbunya sama sama menggunakan saus kacang. Tetapi ketoprak tidak terlalu banyak sayuran didalamnya.

Bahan utama ketoprak adalah lontong, tahu, mi bihun, timun dan telur rebus. Kemudian dikasih saus kacang dan kecapa manis, sebagai pelengkap diatasnya diberi bawang goreng dan kerupuk.

Resep Ketoprak Khas Jakarta
Beberapa bahan, seperti tahu goreng, taoge, bihun rebus, dan ketupat masak, bisa kamu siapkan pada jauh-jauh hari. Kemudian sisanya adalah saus kacang yang lezat. Bagi kalian yang penasaran dengan resep cara membuat ketoprak, maka bisa langsung ikuti petunjuk resep dibawah ini.
Check out this recipe

5. Nasi Uduk

Nasi uduk merupakan makanan yang cocok untuk sarapan dipagi hari. Kamu bisa menemukanya di gang gang kampung atau di pinggir jalan yang dijual warga setempat.

Nasi uduk sangat nikmat karena nasi yang digunakan berbeda yaitu memiliki rasa yang gurih, karena nasi uduk dibuat dengan bumbu santan, daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan serai.

Nasi uduk bisa dikatakan mirip nasi kuning pada umumnya yang membedakan adalah warnanya, untuk nasi uduk berwarna putih sedangkan nasi kuning berwarna kuning karena ditambahi kunir atau kunyit.

Nasi uduk biasanya disajikan bersamaan dengan ayam goreng, irisan telur goreng, dan sambal. Tidak lupa agar lebih lengkap ditaburi bawang goreng serta tambahan kerupuk.

6. Semur Jengkol

Jengkol merupakan salah satu makanan yang banyak tidak disukai banyak orang, walaupun jengkol memiliki bau kurang sedap dan rasa sedikit pahit. Jengkol memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dan jengkol sangat cocok untuk memenuhi gizi harian anda karena mengandung banyak nutrisi.

Topik Terkait :  Cara Membuat Soto Betawi Paling Enak Dan Mudah

Jengkol juga memiliki banyak manfaat yaitu mencegah penyakit kronis, mencegah diabetes, mencegah sakit maag, menurangi peradangan, menjaga kesehatan ibu hamil dan mencegah anemia.

Jengkol akan sangat nikmat jika diolah dengan benar, ada banyak resep oengolahan jengkol salah satunya adalah semur jengkol.

Untuk membuat semur jengkol tidaklah sulit, karena seperti semur lainya. Semur jengkol menggunakan banyak rempah rempah untuk meminimalisir kan aroma kurang sedap. Semur jengkol sangat cocok untuk lauk bersamaan nasi putih, nasi uduk atau hanya sekedar camilan saat rehat.

7. Laksa Betawi

Laksa merupakan salah satu makanan oriental karena mengandung banyak rempah rempah. Laksa Betawi juga mirip dengan Laksa Malaysia atau Laksa Bogor.

Hal yang membedakan dari Laksa Betawi adalah tambahan udang kecil atau biasa disebut oleh warga Betawi adalah rebon. Rebon dicampur didalam kuah sehingga membuat rasa Laksa Betawi semakin gurih dan nikmat.

8. Asinan Betawi

Asinan Betawi adalah makanan khas Betawi yang sangat menyehatkan. Bahan dasar asinan Betawi adalah sayuran sayuran seperti kol, sawi, kubis dan tauge.

Asinan Betawi juga ditambahi tahu dan kerupuk sebagai pelengkap. Pembuatanya juga sangat mudah, bumbu cabai merah, kacang tanah goreng, ebi, yang telah dipersiapkan dihaluskan. Kemudian sebagai kuahnya yaitu cuka, air garam, dan gula merah.

Bumbu dan kuah disiram diatas sayur sayuran dan tahu yang telah dipotong potong. Sebagai pelengkap ditambah kacang goreng dan kerupuk diatasnya.

9. Sayur Besan

Keberadaan sayur ini sangat langka, karena bahan bahan dasar yang digunakan sulit didapatkan juga karena tidak semua warung menjual sayur besan. Sayur besan biasanya bisa ditemukan saat acara pernikahan adat Betawi.

Adanya sayur besan pada acara pernikahan menyimbolkan penghormatan kepada keluarga baru. Bahan yang biasanya digunakan untuk membuat sayur besan adalah tebu telur dan dilengkapi bahan lain seperti petai, ebi, dan kentang.

10. Pecak Lele

Jangan salah baca ya, karena pecel dan pecak Lele berbeda. Karena pecak lele tidak hanya lele goreng yang dikasih sambal saja. Melainkan menggunakan bumbu yang cuckup berlimpah.

Bumbu yang digunakan adalah Jeruk Nipis, Garam, Minyak, Bawang Putih, Kunyit, Ketumbar, Garam, Bawang Merah, Jahe, Cabai Rawit, Cabai Merah Keriting, Gula Merah, Garam, Kacang Tanah Goreng, Air Jeruk Nipis, Air.

Kerena bumbu yang digunakan cukup berlimpah kamu bisa merasakan nikmatnya lele goreng dengan perpaduan rasa asin, asam dan gurih.

Kue Khas Betawi

Sebagai oleh oleh selepas pergi dari Jakarta jangan lupa untuk membeli kue asli Betawi sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah.

1. Roti Buaya

Tentu saja yang pertama dan menjadi ikonik warga Betawi adalah roti buayanya, karena setiap melihat roti buaya pasti terpikirkan adat Betawi.

Roti buaya biasanya dapat dijumpai saat acara pernikahan, roti buaya akan dibawa oleh mempelai pria kepada wanita. Hal tersebut menyimbolkan kemapanan dan kesetiaan.

Roti sendiri berarti kemapanan karena hanya dikonsumsi bangsawan atas pada masa penjajahan, sedangkan buaya melambangkan kesetiaan karena semasa hidup buaya hanya memiliki satu pasangan.

2. Dodol Betawi

Dodol betawi sangat cocok untuk dijadikan oleh oleh karena jajanan ini bisa bertahan cukup lama jika disimpan dengan baik. Dodol Betawi memiliki banyak varian mulai dari ketan hitam, ketan putih dan rasa durian.

Topik Terkait :  Resep Ketoprak Yang Terenak Dan Sederhana

3. Putu Mayang

Putu mayang mungkin tidak bisa dijadikan oleh oleh jika tempat asalmu terlalu jauh. Putu Mayang sangat cocok disantap saat kamu berkeliling di Jakarta dan jajanan ini biasanya disantap saat berbuka puasa oleh warga sekitar.

Putu Mayang terbuat dari tepung kanji atau tepung beras dengan campuran santan kelapa yang dibentuk menyerupai mie. Adonan yang dibentuk akan dikukus beberapa saat setelah matang bisa disajikan langsung bersamaan dengan kuah gula Jawa.

4. Kue Pepe

Bisa dikatakan kue Pepe hampir mirip dengan kue lapis baik dari warna dan cara pembuata. Kue Pepe terbuat dari tepung sagu, santan dan gula.

Adonan tersebut dibagi menjadi beberapa kemudia diberi warna yang berbeda beda. Setelah itu akan dikukus satu satu bergantian, sehingga membentuk lapisan.

5. Kue Dongkal

Kue dongkal terbuat dari bahan dasar tepung beras dengan campuran kelapa parut dan gula Jawa atau gula merah. Tentu saja dengan campuran kelapa parut rasanya juga hampir mirip dengan kue putu.

Kue dongkal dibuat menyerupai tumpeng yang dibentuk berlapis lapis, kue ini sangat cocok disantap saat bersantai dengan keluarga tercinta.

6. Kue Rangi

Kue rangi memiliki bahan dasar yang mirip dengan kue dongkal yaitu tepung beras, kelapa parut dan gula Jawa. Hal yang membedakan adalah proses pembuatanya.

Yang mana kue rangi akan dipanggang diatas bara api hingga matang. Pemanggangan kue akan menghasilkan aroma dan rasa yang khas.

Minuman Khas Jakarta

Tidak lengkap jika hanya menyantap makanan khas Betawi dan kue khasnya, oleh karena itu jangan lupakan minuman asli ibu kota Jakarta.

1. Es Doger

Minuman mungkin bisa kamu dapatkan di daerahku asal, akan tetapi tidak ada salahnya jika kamu mencicipi langsung asal dari minuman ini yaitu Betawi.

Es doger sangat cocok diminum saat siang hari yang terik, kamu juga tahukan betapa panasnya perkotaan jika siang hari. Es Doger terbuat dari bahan Paduan ketan hitam, tapai singkong, pacar cina, sagu mutiara, sirup merah, serutan es batu, serta siraman susu kental manis. Minuman ini juga sangat cocok untuk berbuka puasa.

2. Es Campur Betawi

Sama seperti halnya soto, es campur juga banyak varian di berbagai daerah. Es campur Betawi terbuat dari kelapa muda, alpukat, nangka, dan buah mangga. Dan dengan dicampurkan susu cair, sirup, atau gula membuat es campur terasa nikmat. Tidak jarang juga ditambahi bubur sum sum sebagai pelengkap.

3. Bir Pletok

Yang menjadi minuman paling khas Betawi adalah bir pletoknya. Minuman ini terbuat dari rempah rempah seperti jahe, daun pandan wangi, hingga serai.

Bir pletok diciptakan oleh orang Betawi karena pada saat penjajahan orang Eropa meminum bir saat pesta. Sedangkan warga Betawi sebagian besar orang muslim sehingga diciptakanlah bir tanpa alkohol. Pletok sendiri diambil dari suara saat membuka botol yang berbunyi “pletok”.

Itulah makanan khas Betawi yang wajib kamu coba serta minuman khas Jakarta yang tidak boleh tertinggal. Walaupun sebagian bisa kita temui di daerah kita asal, tidak ada salahnya jika mencobanya langsung asli daerah pembuatnya.