9 Makanan Khas Banten Yang Paling Harus Kamu Coba Saat Kesana

Sate bandeng

Pernahkah terpikirkan olehmu mengunjungi provinsi Banten? Provinsi paling ujung pulau Jawa ini ternyata memiliki banyak kuliner khas yang nikmat sekali. Jika kamu mengunjungi provinsi ini jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Banten disana.

Banten, dulu merupakan menjadi bagian provinsi Jawa barat karena ada pemekaran pada tahun 2000 dan terbentuklah provinsi Banten, budaya dan kuliner khasnya tidak jauh beda dari Jawa barat yakni Sunda. Berikut 12 makanan khas Banten yang wajib kamu coba :

1. Garam Asem

Garam asem
garem asem

Kalau bicara soal gerem asem bebek, maka rasanya kurang enak jika tidak tahu asal usulnya. Jadi, Gerem asem bebek pontang tradisional ini dapat ditemukan di daerah Kilasah, atau lebih tepatnya lagi di Kota Serang. Saya yakin, semua orang pasti menyukai masakan yang satu ini karena memang Gerem asem ini rasanya sangat enak. Perpaduan antara rasa asam dan pedas membuat lidah seakan tidak mau berhenti untuk menikmatinya.

Cara membuat garam asem

2. Emping Pedas

Emping
emping

Taukan anda bahwa nama emping Menes sendiri berasal dari kata emping yang artinya kerupuk dan sedangkan kata Menes adalah nama sebuah Kecamatan Menes. Pandeglang merupakan salah satu sentra pembuatan emping menes. Emping Menes atau yang juga dikenal dengan kerupuk melinjo memang memiliki tampilan sederhana, namun cocok untuk dijadikan makanan ringan dan oleh-oleh.

Baca Juga :  Cara Membuat Tahu Takwa serta Cara Mengolahnya

Camilan sekaligus oleh-oleh khas Tangerang, Banten, ini juga gak boleh kamu lewatkan. Emping alias keripik melinjo menjadi pelengkap di banyak kuliner dari Provinsi Banten, seperti nasi sum-sum, rabeg, dan sebagainya.

Cara membuat emping banten

3. Rabeg

Rabeg
rebeg

Perlu kau ketahui, Rabeg adalah salah satu makanan khas yang terbuat dari berbagai bagian daging kambing, yang juga cocok untuk disajikan pada hari tertentu termasuk hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Proses pembuatan rabeg tergolong cukup mudah yaitu pertama, anda dapat merebus daging kambing dipadu dengan bahan jeroan dan jahe, kemudian ditambah serai, dan daun jeruk. Setelah itu, Anda dapat menyiapkan bahan tambahan seperti tumisan (bawang merah dan jahe) terlebih dahulu. Secara visual, rabeg berwarna kecokelatan mirip semur dengan kuah kental, tapi tak bersantan. Rasanya cenderung manis gurih, tetapi tetap segar.

Cara membuat rebeg

4. Sate Bandeng

Sate bandeng
Sate bandeng

Mengapa? karena kami akan menyajikan sate bandeng ini dengan tidak dengan cara ditusuk dengan tusuk sate, melainkan dengan cara pengolahan yang unik. Pasti kalian penasaran dengan resep bandeng yang satu ini bukan?

Baca Juga :  Resep Sate Bebek Yang Harus Dicoba Jika Kamu Penasaran!

Bentuknya sama sekali berbeda dengan sate yang biasa kita tahu, karena sate bandeng ini lebih mirip otak-otak bandeng khas Gresik (daging ikan bandeng dihancurkan, tapi menyisakan kulitnya).

Cara membuat sate bandeng

5. Sate Bebek

Sate bebek
sate bebek

Tentu sate bebek Ini sangat cocok bagi mereka yang menyukai makanan pedas. Saat kalian berkunjung ke kota Banten, mungkin menu yang satu ini bisa menjadi kuliner favorit Anda. Jika menurut kalian Banten terlalu jauh, maka kamu bisa coba satu resep sate bebek yang sudah saya share di bawah. Pasti kamu sudah penasaran dengan resep ini bukan? Yuk simak bahan-bahan dan panduan cara membuat sate bebek berikut ini. Karena perbedaan serat dagingnya, bebek terasa lebih padat dan kenyal dibandingkan sate ayam. Tapi soal rasa, tentunya lebih juara.

Cara membuat sate bebek

6. Angeun Lada

Angeun lada merupakan sayuran pedas, tetapi didalamnya tidak terdapat sayuran melainkan berisi daging kerbau atau sapi yang berkuah pedas. Kuah angeun lada menggunakan daun walang yang mengandung minyak atsiri, sehingga rasa dan aroma masakan ini sangat terciri dan unik. Rasanya sedikit pedas, gurih, dengan aroma yang kuat.

7. Nasi bakar sum sum

Sesuai dengan namanya, nasi ini terbuat dari nasi dengan tambahan sum sum tulang belakang kerbau yang menambah rasa gurih dan nikmat. Biasanya disajikan bersamaan dengan suiran daging ayam atau teri. Bisa juga ditambahi emping emping dan kacang goreng agar lebih lengkap.

Baca Juga :  10+ Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Dicari Wisatawan

8. Sambal buroq

Makanan yang memilki nama unik ini biasanya sering disajikan pada acara hajatan menjelang musim haji. Bahan yang digunakan sangat mudah dan sederhana yaitu kulit melinjo atau tengkil yang dibumbui bawang merah, bawang putih, kemiri dan daun salam. Sambal ini sangat cocok disajikan bersamaan dengan nasi bakar sum sum.

9. Sayur besan

Sayur besan bukan hanya menjadi makanan khas Banten akan tetapi juga menjadi makanan yang sarat akan tradisi asli Banten. Makanan ini disajikan ketika pernikahan atau proses lamaran. Terdapat empat bahan utama dalam sayur besan yakni trubuk, petai, bihun, dan kentang.

Dengan disajikanya sayur besan pada acara pernikahan atau menjelang. Diharapakan mempererat hubungan persaudaraan antar keluarga pengantin.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + five =