12 Makanan Khas Bali Salah Satunya Ayam Betutu

Sate lilit

Bali atau juga disebut pulau Dewata adalah salah satu tempat wisata populer di dunia yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya keindahan alamnya atau budayanya yang unik, kuliner khas Bali disana juga tidak kalah menarik untuk dicoba jika berkunjung disana.

Masakan asli Bali sama seperti makanan oriental lainya yakni dengan beragam rempah rempah sehingga menghasilkan rasa yang kuat dan tentu sangat nikmat. Info yang menarik masakan Bali dipengaruhi oleh budaya China, India dan Indonesia.

Jika berkunjung ke Bali jangan berharap besar bisa menemukan hidangan dengan bahan dasar daging sapi, karena provinsi merupakan salah satu dengan penduduk mayoritas agama Hindu, yang mana sapi menjadi dewa dan tidak boleh disembelih atau dimakan dagingnya.

Berkunjung ke Bali, belum lengkap jika kamu hanya berwisata alamnya tanpa mencoba kuliner khasnya. Berikut 12 makanan khas Bali yang wajib kamu coba :

1. Ayam Betutu

Proses pembuatan Ayam Betutu sendiri bisa kita katakan cukup mudah karena hanya direndam dalam berbagai bumbu base genep yang selanjutnya dimasak dalam dua tahap. Langkah pertama yang biasanya dilakukan adalah melakukan pengukusan terhadap daging ayam yang sudah dibumbui tersebut sampai matang, dan membuat semua bumbunya meresap kedalam daging.Base genep berisi terasi, kemiri, jahe, lengkuas, bawang, kunir, kencur, serai, cabai, dan daun salam.

Ayam bertutu

Resep Ayam Betutu

Angin
Penasaran seperti apa bahan dan proses pembuatanya? Berikut adalah cara membuat ayam betutu yang dapat kalian ikuti.
Total Time 1 hr 50 mins
Course Main Course
Cuisine Indonesian
Servings 4 Porsi

Ingredients
  

Bahan utama:

  • 1 sdt Garam dapur
  • 2 sdm Air perasan jeruk nipis
  • 2 batang Serai
  • 2 sdm Minyak goreng
  • 2 sdt Penyedap rasa ayam
  • 4 lembar Daun jeruk
  • 200 gram Daun singkong
  • 700 gram Daging ayam
  • Daun pisang secukupnya

Bumbu Halus:

  • ½ sdt butir ketumbar
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdm Gula merah
  • 1 sdm Minyak goreng
  • 2 cm Kunyit
  • 2 cm Jahe dan Lengkuas
  • 6 siung Bawang putih
  • 8 siung Bawang merah
  • 12 butir Cabe keriting merah

Instructions
 

Cara Membuat Ayam Betutu Ala Rumahan :

  • Iris tipis 2 batang serai, lalu rebus 200 gram daun singkon sampai lunak, angkat dan tiriskan.
  • Bakar 2 cm Kunyit, sisihkan
  • Parut 2 cm jahe dan lengkuas, taruh kedalam wadah terpisah dan sisihkan.
  • Silahkan lumuri seluruh bagian daging ayam secara merata dengan garam dan jeruk nipis, kemudian biarkan semuanya meresap dengan cara mendiamkannya selama 15 menit.
  • Haluskan semua bumbu halus yang sudah disiapkan diatas termasuk 2 cm jahe dan lengkuas yang sudah diparut. Campurkan semuanya!
  • Panaskan minyak goreng secukupnya, silahkan tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan batang serai hingga harum, Tambahkan penyedap rasa ayam kedalam tumisan bumbu, aduk dan angkat, sisihkan.
  • Campurkan daun singkong dan daun jeruk, beri ½ bagian bumbu halus dan Aduk rata. Selanjutnya, Masukkan semuanya ke dalam rongga perut ayam.
  • Oleskan semua sisa bumbu halus secara merata di atas permukaan daging ayam, lalu silahkan bungkus dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 45 menit, angkat.
  • Silahkan panggang hingga kecoklatan dalam loyang dengan menggunakan alas dari daun pisang. Jika sudah matang, Potong ayam betutu menjadi dua bagian memanjang.
  • Sajikan dalam keadaan hangat.

Notes

Bersiaplah untuk berbelanja semua bahan dan bumbu yang Anda perlukan untuk membuat resep ayam betutu ini, lalu pada saat akhir pekan tiba, sajikan sajian ayam betutu ini sebagai kejutan yang menyenangkan untuk keluarga tercinta di rumah!
Keyword cara membuat ayam betutu khas bali

2. Babi Guling

Babi guling
babi guling

Selanjutnya ada babi guling, jika kamu muslim saya sarankan jangan mencoba masakan ini karena sangat tidak dianjurkan dalam agama. Babi guling adalah salah satu hidangan olahan yang sejak dulu sangat populer di wilayah Bali. Hidangan ini biasanya dibuat dengan memanfaatkan bahan dasar daging babi utuh yang kemudian diisi dengan rempah-rempah dan sayuran pada perutnya. Ini yang menurut saya sangat unik, Orang Bali biasanya mengisi perut daging babi dengan dengan sayur berupa daun singkong. Meski masakan babi guling cukup terkenal di wilayah bali.

Resep Babi Guling
Apakah kamu tertarik? jika Anda ingin membuat kuliner yang satu ini sendiri di ruamah, maka kamu bisa ikuti petunjuk resepnya yang mana sudah kami tulis untuk memudahkan Anda. Berikut adalah 1 resep yang bisa Anda gunakan untuk membuat babi guling sendiri. Dalam praktek kali ini, kami tidak mengharuskan anda untuk menggunakan babi utuh, melainkan dapat menggunakan beberapa potongan daging saja. lalu bagaimana caranya, simak ulasan berikut ini!
Check out this recipe
Babi guling

3. Sate Plecing

Sate plecing, makanan khas bali
sate plecing

Sate plecing sama halnya dengan sate pada umumnya, hanya saja dibumbi khas bumbu Bali. Bumbunya sendiri kerap diberi nama sambal pelcing. Biasanya akan tersedia dua varian, sambal plecing pedas dan sambal plecing manis.

Maka jangan lewatkan sate plecing yang satu ini. Saya tidak suka pedas, apakah ada solusinya? Jangan khawatir, jika Anda bukan termasuk orang yang gemar makanan pedas, maka solusinya adalah, setelah daging sate dipanggang di atas bara arang panas, maka selnjutnya sate disajikan bersama sambal plecing yang terbuat dari cabai pedas atau bahkan manis. Semua itu bisa kamu sesuaikan sendiri menurut selera masing-masing.

Resep Sate Plecing
Satai Plecing sendiri adalah jenis satai yang khas dan sangat populer di Bali. Kuliner Satai ini biasanya dipadukan dengan saus kacang dan bumbu kecap, tetapi kali ini berbeda dengan satai pada umumnya yaitu satai plecing menggunakan saus atau sambal Bali.
Check out this recipe
Sate plecing

4. Sate Lilit

Sate lilit
sate lilit

Perihal tentang sate lilit, makanan khas Bali yang satu ini menjadi salah satu menu favorit para pecinta kuliner ikan. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena sate ini dibuat dari fillet ikan yang mana proses pembuatannya digiling dan dibentuk sebelum dibakar. Itu sebabnya rasa sate lilit ini sangat unik. Apalagi dengan adanya perpaduan aroma bumbu rempah khas Bali.

Resep Sate Lilit
Apalagi dengan adanya perpaduan aroma bumbu rempah khas Bali. Sate lilit sendiri sangat cocok disajikan dengan nasi putih, dijamin lebih nikmat deh. Nah bagi Anda yang ingin mencoba membuat sate lilit sendiri di rumah, berikut resepnya yang bisa kamu ikuti.
Check out this recipe
Sate lilit

5. Lawar

Lawar makanan khas bali
Lawar

Lawar adalah salah satu makanan favorit khas Bali yang dibuat dengan cara memadukan berbagi jenis sayuran dan daging cincang. Perlu kau ketahui pula, Masyarakat di daerah Bali umumnya menyajikan masakan lawar ini sebagai menu hidangan santap sehari-hari. Namun, orang Bali biasanya membuat lawar dengan bahan dasar daging babi yang dipadu dengan sayuran, sehingga tercipta rasa yang sangat lezat.

Resep Lawar Khas Bali yang Halal
Kalian pasti sudah penasaran dengan resep lawar yang satu ini bukan? Simak resep dan cara membuat Lawar nangka bali yang dikutip dari buku Risa Panti Ariani dengan judul “Mengenal Kuliner Bali” yang sebelumnya telah diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka.
Check out this recipe
Lawar

6. Rujak kuah pindang

Rujak buah dari Bali sedikit berbeda dengan rujak pada umumnya, jika kita sering menggunakan kuah rujak menggunakan bumbu pada umumnya. Tetapi rujak dari Bali ini menggunakan pindang sebagai kuahnya. Jangan lupa mencoba kuliner satu ini rasakan perpaduan buah yang segar dengan ikan pindang.

7. Nasi Sela

Sesuai dengan namanya yakni perpaduan nasi dengan lauk ubi, ubi yang digunakan biasanya ubi jalar. Sehingga jika kamu memakanya akan ada rasa manis manisnya. Saat dihidangkan ubi dicacah kecil disertai dengan lauk tertentu beserta nasi.

8. Bulung Kuah Pindang

Karena Bali merupakan pulau yang dikelilingi lautan, sehingga kuliner khasnya pun tidak jauh dari berbahan dasar makanan laut. Bulung Kuah pindang merupakan rumput laut yang dihidangkan bersamaan dengan kuah ikan pindang.

9. Nasi Campur Bali

Tidak berbeda jauh dengan nasi campur pada umumnya, yang membedakan hanyalah lauknya, yang mana yang digunakan lauk khas bali. Tentu tidak ketinggalan dengan tambahan sambal matah.

10. Nasi Jinggo

Nasi yang sangat unik, jinggo diambil dari kata hokkien yaitu jeng go yang berarti 1.500. Konon makanan ini ada saat terjadinya krisis moneter yang mana pada saat itu makanan berbalut daun pisang ini dihargai 1.500.

11. Tipar Blayang

Tipar blayang dibuat menggunakan bahan dar ketupat, ketuptnya sendiri berbeda bentuk pada umunya yakni memanjang dengan berbalut janur muda atau enau muda. Ketupat disalin dengan saus yang kental yang terbuat dari tepung beras dan rempah rempah. Makanan ini sering dihidangkan bersama sayur urap, ayam sisit, ceker ayam, kacang kedelai, dan kerupuk kulit ayam.

12. Jukut Ares

Makanan khas Bali satu ini terbuat dari bahan dasar batang lisang atau biasa disebut Ares, ukuran yang digunakan sebesar lengan orang dewasa. Ares tersebut diiris tipis” kemudian dicampur dengan bumbu base gede khas Bali. Didalamnya juga dicampur dengan daging. Daging yang digunakan bisa sesuai selera.

Itulah beberapa daftar makanan khas Bali yang bisa kamu coba. Makanan-makanan tersebut dijamin akan membuat kamu sangat puas dan ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

You May Also Like