12 Makanan Khas Bali Yang Paling Rekomended Untuk Dicoba!

Bali atau juga disebut pulau Dewata adalah salah satu tempat wisata populer di dunia yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya keindahan alamnya atau budayanya yang unik, kuliner khas Bali disana juga tidak kalah menarik untuk dicoba jika berkunjung disana.

Bali, belum lengkap jika kamu hanya berwisata alamnya tanpa mencoba kuliner khasnya. Berikut 12 makanan khas Bali yang wajib kamu coba :

1. Ayam Bertutu

Ayam bertutu
Ayam bertutu

Proses pembuatan Ayam Betutu sendiri bisa kita katakan cukup mudah karena hanya direndam dalam berbagai bumbu base genep yang selanjutnya dimasak dalam dua tahap. Langkah pertama yang biasanya dilakukan adalah melakukan pengukusan terhadap daging ayam yang sudah dibumbui tersebut sampai matang, dan membuat semua bumbunya meresap kedalam daging.Base genep berisi terasi, kemiri, jahe, lengkuas, bawang, kunir, kencur, serai, cabai, dan daun salam.

Cara membuat ayam bertutu

2. Babi Guling

Babi guling
babi guling

Selanjutnya ada babi guling, jika kamu muslim saya sarankan jangan mencoba masakan ini karena sangat tidak dianjurkan dalam agama. Babi guling adalah salah satu hidangan olahan yang sejak dulu sangat populer di wilayah Bali. Hidangan ini biasanya dibuat dengan memanfaatkan bahan dasar daging babi utuh yang kemudian diisi dengan rempah-rempah dan sayuran pada perutnya. Ini yang menurut saya sangat unik, Orang Bali biasanya mengisi perut daging babi dengan dengan sayur berupa daun singkong. Meski masakan babi guling cukup terkenal di wilayah bali.

Baca Juga :  Resep Babi Guling Asli Khas Bali Yang Gurih Dan Nikmat

Cara membuat babi guling

3. Sate Plecing

Sate plecing
sate plecing

Sate plecing sama halnya dengan sate pada umumnya, hanya saja dibumbi khas bumbu Bali. Bumbunya sendiri kerap diberi nama sambal pelcing. Biasanya akan tersedia dua varian, sambal plecing pedas dan sambal plecing manis.

Maka jangan lewatkan sate plecing yang satu ini. Saya tidak suka pedas, apakah ada solusinya? Jangan khawatir, jika Anda bukan termasuk orang yang gemar makanan pedas, maka solusinya adalah, setelah daging sate dipanggang di atas bara arang panas, maka selnjutnya sate disajikan bersama sambal plecing yang terbuat dari cabai pedas atau bahkan manis. Semua itu bisa kamu sesuaikan sendiri menurut selera masing-masing.

Cara membuat sate plecing

4. Sate Lilit

Sate lilit
sate lilit

Perihal tentang sate lilit, makanan khas Bali yang satu ini menjadi salah satu menu favorit para pecinta kuliner ikan. Alasannya sangat sederhana, yaitu karena sate ini dibuat dari fillet ikan yang mana proses pembuatannya digiling dan dibentuk sebelum dibakar. Itu sebabnya rasa sate lilit ini sangat unik. Apalagi dengan adanya perpaduan aroma bumbu rempah khas Bali.

Cara membuat sate lilit

5. Lawar

Lawar
Lawar

Lawar adalah salah satu makanan favorit khas Bali yang dibuat dengan cara memadukan berbagi jenis sayuran dan daging cincang. Perlu kau ketahui pula, Masyarakat di daerah Bali umumnya menyajikan masakan lawar ini sebagai menu hidangan santap sehari-hari. Namun, orang Bali biasanya membuat lawar dengan bahan dasar daging babi yang dipadu dengan sayuran, sehingga tercipta rasa yang sangat lezat.

Baca Juga :  Cara Membuat Sate Bekicot dan Sambal Tumpang Khas Kediri

Cara membuat lawar

6. Rujak kuah pindang

Rujak buah dari Bali sedikit berbeda dengan rujak pada umumnya, jika kita sering menggunakan kuah rujak menggunakan bumbu pada umumnya. Tetapi rujak dari Bali ini menggunakan pindang sebagai kuahnya. Jangan lupa mencoba kuliner satu ini rasakan perpaduan buah yang segar dengan ikan pindang.

7. Nasi Sela

Sesuai dengan namanya yakni perpaduan nasi dengan lauk ubi, ubi yang digunakan biasanya ubi jalar. Sehingga jika kamu memakanya akan ada rasa manis manisnya. Saat dihidangkan ubi dicacah kecil disertai dengan lauk tertentu beserta nasi.

8. Bulung Kuah Pindang

Karena Bali merupakan pulau yang dikelilingi lautan, sehingga kuliner khasnya pun tidak jauh dari berbahan dasar makanan laut. Bulung Kuah pindang merupakan rumput laut yang dihidangkan bersamaan dengan kuah ikan pindang.

9. Nasi Campur Bali

Tidak berbeda jauh dengan nasi campur pada umumnya, yang membedakan hanyalah lauknya, yang mana yang digunakan lauk khas bali. Tentu tidak ketinggalan dengan tambahan sambal matah.

Baca Juga :  Cara Membuat Tahu Takwa serta Cara Mengolahnya

10. Nasi Jinggo

Nasi yang sangat unik, jinggo diambil dari kata hokkien yaitu jeng go yang berarti 1.500. Konon makanan ini ada saat terjadinya krisis moneter yang mana pada saat itu makanan berbalut daun pisang ini dihargai 1.500.

11. Tipar Blayang

Tipar blayang dibuat menggunakan bahan dar ketupat, ketuptnya sendiri berbeda bentuk pada umunya yakni memanjang dengan berbalut janur muda atau enau muda. Ketupat disalin dengan saus yang kental yang terbuat dari tepung beras dan rempah rempah. Makanan ini sering dihidangkan bersama sayur urap, ayam sisit, ceker ayam, kacang kedelai, dan kerupuk kulit ayam.

12. Jukut Ares

Makanan khas Bali satu ini terbuat dari bahan dasar batang lisang atau biasa disebut Ares, ukuran yang digunakan sebesar lengan orang dewasa. Ares tersebut diiris tipis” kemudian dicampur dengan bumbu base gede khas Bali. Didalamnya juga dicampur dengan daging. Daging yang digunakan bisa sesuai selera.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × four =