Cara Mudah Membuat Mochi Di Rumah

Siapa yang tidak kenal dengan makanan manis khas jepang satu ini yang telah terkenal hampir diseluruh dunia. Nama makanannya adalah mochi, bagaimana? Sangat familiar bukan dengan makanan satu ini. Makanan khas jepang ini terbuat dari bahan ketan yang diolah dengan cara ditumbuk. Kemudian akan diberikan isian tertentu dan dibentuk menjadi bulat seukuran genggaman tangan. Ada banyak legenda tentang kue mochi, konon kue mochi adalah kue yang dibuat oleh kelinci-kelinci yang ada dibulan. Ini tentu saja hanya mitos jepang.

Di jepang kue mochi biasanya disajikan pada acara-acara besar seperti upacara keagamaan, upacara peringatan tahun baru, dan kegiatan lainnya. 

Perkembangan zaman membuat mochi menjadi olahan makanan yang banya dijual sebagai jajanan saat ini. Kamu dapat dengan mudah menemukan gerai makanan yang menjual kue mochi di jepang. Di indonesia sendiri keberadaan kue mochi juga sangat diminati. Rasanya yang manis dan isian yang enak membuat mochi menjadi pilihan penikmat makanan. Salah satu daerah yang banyak menghasilkan kue mochi di Indonesia adalah sukabumi, biasanya kue mochi banyak dijajalkan ditepi jalan. 

Cara membuat mochi

Nah, untuk ibu-ibu juga dapat menjadikan mochi sebagai pilihan makanan untuk bekal anak. Selain rasa mochi yang manis, mochi juga mengandung nilai gizi yang tinggi karena isiannya yang dapat dipilih sesuai dengan selera. Kalau kamu belum tahu resep untuk membuat kue mochi, berikut ini kami bagikan tutorial untuk membuat kue mochi yang manis dan juga sehat. 

Bahan Membuat Mochi:

  1. 300 gram tepung ketan
  2. 6 sdm tepung meizena
  3. ½ sdt garam halus
  4. 250 ml air matang
  5. 70 ml santan pekat
  6. Daun Pandan untuk pewarna makanan alami

Bahan untuk isian:

  1. 500 gram kacang sangria
  2. 8 sdm gula pasir
  3. 2 bungkus susu kental manis
  4. 8 sdm air hangat
  5. Tepung meizena yang telah disangrai secukupnya saja
Baca Juga :  Sop Miso Makanan Khas Jepang Yang Nikmat

Cara membuat kudapan mochi:

  1. Pertama kita harus membuat adonan kue mochi terlebih dahulu. Caranya adalah dengan memasukan tepung ketan, meizena dan gula pasir kedalam wadah yang cukup besar. Kemudian diaduk hingga adonan tercampur dengan merata. 
  2. Kemudian tambahkan air, santan, dan juga garam kemudian diaduk hingga merata. Perhatikan adonan agar tidak menyisakan adonan yang menggumpal.
  3. Lalu saring adonan tersebut dengan menggunakan saringan, ini dilakukan untuk menyaring adonan yang masih menggumpal. Kemudian pisahkan adonan yang menjadi beberapa bagian, tergantung dengan jumlah pewarna adonan yang diinginkan. Disini kami membuat dua adonan yaitu adonan pandan dan adonan original tanpa tambahan pewarna,
  4. Setelah dicampur dengan pewarna dan diaduk dengan merata, selanjutnya siapkan kukusan yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Adonan tersebut kemudian dikukus didalam panci selama kurang lebih tiga puluh menit.
  5. Bagian kedua adalah membuat isian mochi, disini kita menggunakan isian mochi kacang tanah yang disangrai. 
  6. Caranya adalah dengan menghaluskan kacang tanah tersebut terlebih dahulu hingga halus. Masukan semua bahan untuk isian dan aduk hingga merata. Lalu tambahkan air panas dan tumbuh hingga halus kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil untuk diisikan ke mochi.
  7. Sekarang Kembali lagi ke  kukusan adonan. Setela matang, adonan diangkat dan didinginkan. Kemudian bentuk adonan dengan cara membaluri adonan dengan tepung meizena agar tidak lengket. Kemudian pulung adonan dan beri isian kacang. 
  8. Terakhir bentu meochi menjadi bulat dan lumurkan dengan meizena yang telah disangrai.
  9. Mochi pun siap untuk disajikan.

Sangat mudah bukan? Kamu tentu harus mencobanya dirumah. Siapapun akan menyukai makanan ini, terutama anak-anak.