Cara Membuat Serabi Mudah Dan Sederhana Khas Kampung

Tahukah Anda bahwa Serabi berasal dari bahasa Sunda “Sura” yang artinya “besar”. Sebenarnya Serabi, juga dikenal sebagai Surabi, adalah makanan tradisional ringan asal Indonesia yang sangat disukai banyak masyarakat sejak pertama kali dikenal pada tahun 1923. Saat ini, Surabi telah ditetapkan sebagai makanan tradisional Jawa karena tingkat konsumsi-nya terbilang cukup tinggi di pulau tersebut. Seperti apa bentuk Surabi? Bentuk surabi sangat mirip dengan Jajanan Pancake, hanya saja Surabi lebih kecil dan lebih tebal.

Bagaimana cara membuatnya? Biasanya, Surabi  dibuat dengan memanfaatkan bahan seperti tepung beras atau tepung yang telah dipanggang menggunakan metode tradisional seperti tungku yang terbuat dari tanah liat. Jika Pancake memiliki berbagai rasa, Surabi juga memiliki kuah atau sambal yang terbuat dari gula merah sesuai selera nusantara, bahkan Surabi juga banyak disajikan dengan mayonaise, dark chocolate, atau dengan ayam, sosis, dll.  Apakah anda tertarik Ingin mencoba membuat kue Serabi tradisional Indonesia? Yuk, uji kemampuan kuliner-mu bersama kami dengan membuat Surabi Kinca Saus Pandan!

Bahan Utama Serabi Manis :

1 sdt Garam halus

1 sdt Baking Powder

1 sdt Pasta Pandan

2 butir Telur ayam

25 gram Gula pasir

50 gram Tepung beras

50 gram kelapa parut

150 gram Tepung terigu

500 ml Santan kelapa

Bahan saus Kinca:

½  sdt Garam

1 sdt Tepung Mizena

1 lembar daun pandan

50 gram Gula pasir

100 gram Gula merah / Gula jawa

350 santan kelapa sedang

Cara Membuat Serabi Tradisional Khas Bandung

1. Kukus 50 gram kelapa yang sudah di parut hingga matang, angkat dan sisihkan.

2.Pecah 2 butir telur, kemudian kocok lepas dan sisihkan.

3. Silahkan larutkan 1 sendok teh tepung Maizena menggunakan 1 sendok makan air mentah, sisihkan.

4. Sisir tipis 100 gram gula jawa kemudian sisihkan.

5 . Untuk membuat adonan Surabi, campurkan beberapa bahan dalam mangkuk besar antara lain tepung terigu, tepung beras, kelapa parut, garam, gula, dan baking powder.

6. Campur telur, santan, dan pasta pandan, lalu tuang perlahan ke dalam adonan pertama yaitu Adonan tepung sambil diaduk hingga tercampur. Selama 20 menit, uleni adonan dengan kedua telapak tangan, usahakan hingga Adonan tidak lagi melekat di tangan dan berubah elastis.

7. Tutup adonan dengan menggunakan kain dan sisihkan selama kurang lebih 60 menit, atau sampai adonan berbuih.

8. Tanpa mengolesnya minyak sayur, panaskan teflon antilengket kecil. Kemudian, Tuang 1 sendok makan adonan Surabi yang sebelumnya telah di diamkan ke dalam wajan atau teflon dan masak hingga matang. Lakukan proses ini kesemua adonan Surabi.

9. Apabila adonan Surabi sudah matang, silahkan Angkat dan sisihkan.

10. Untuk membuat Saus Kinca untuk Surabi, ikuti langkah-langkah berikut ini: beberapa bahan seperti Gula merah, gula pasir, garam, santan, dan daun pandan semuanya harus digabungkan dalam panci berukuran sedang. Harap didihkan dengan cara di rebus hingga mendidih. Tuang larutan maizena kedalam Kinca rebus dan masak kembali sampai kuahnya menjadi kental. Angkat dan sisihkan, tunggu hingga dingin.

11. Cara menyajikan; Ambil surabi dan tuangkan di atasnya saus kinca, konsumsi bersama keluarga.

Tips Memasak:

Adonan dipukul dengan telapak tangan tersebut bertujuan untuk memasukkan udara, sehingga menyebabkan kue menjadi mengembang dan bersarang. Tambahkan garam secukupnya agar tidak terlalu asin.

Baca Juga :  Resep Lotek Sederhana Khas Bandung Yang Bikin Kenyang

Proses pembuatan Surabi di atas membutuhkan waktu hingga 120 menit dan berlaku untuk takaran sebanyak 15 porsi.