Please! Follow my Instagram.

Cara Membuat Sate Kelapa Panggang Khas Jawa Timur

Sate kelapa merupakan salah satu makanan yang disukai hampir semua orang di Indonesia. Perlu Anda ketahui, Sate yang satu ini ternyata memiliki rasa yang sangat enak dan menggugah selera. Di Indonesia, Hampir setiap daerah seolah memiliki resep masakan yang unik, dan yang selalu menjadi bahan incaran para penggemar kuliner. Surabaya adalah salah satu daerah unggulan, karena terkenal dengan kuliner sate-nya. Sate khas Surabaya ini sendiri sering disebut dengan sate kelapa. Sate daging ini dibumbui dengan kelapa parut dan bumbu khas Surabaya, tentunya makanan seperti ini sulit untuk ditolak. Beberapa orang suka dengan Sate kelapa dan kebanyakan di konsumsi selama masih dalam keadaan hangat. Penasaran dengan resep sate kelapa khas Surabaya? Simak bahan dan cara pembuatan sate kelapa berikut ini.

Bahan- Bahan Membuat Sate Kepel Kelapa

500 gram daging sapi atau ayam (di potong dengan bentuk dadu)

Kelapa parut pemuda (Sediakan 1/2 butir kelapa)

Minyak goreng secukupnya

20 tusuk sate

Bumbu yang dihaluskan :

1/2 sendok teh gula pasir

1 sendok makan biji ketumbar

1 sendok teh garam halus

3cm kunyit yang telah disangrai

3 siung bawang putih

4 bawang merah

Bumbu (rempah – rempah) pelengkap:

Saus kacang secukupnya

Cabai rawit secukupnya

Kecap manis secukupnya, jika diinginkan

Bawang merah iris secukupnya

Langkah- Langkah Membuat Sate Kelapa

1. Buat saus kacang terlebih dahulu secukupnya. Jika kamu menggunakan kacang tanah, sebaiknya Goreng terlebih dahulu sampai matang, kemudian Blender dengan sedikit air sampai halus dan mengental

2. Kupas kulit bagian luar kemudian Iris Bawang merah secukupnya. Bawang ini nantinya dapat dijadikan sebagai bumbu pelengkap.

3. Tumis bumbu halus yang sebelumnya sudah di siapkan sampai tercium aroma harum yang artinya bumbu tersebut sudah matang. Setelah itu, Angkat bumbu yang sudah masak lalu di dingin-kan dengan suhu ruang.

4. Campur-kan bahan bumbu halus dengan daging sapi dan kelapa yang sebelumnya sudah di parut.

5. Biarkan semua bahan yang sudah di campur di atas selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging.

6. Angkat tusuk sate yang sebelumnya sudah disiapkan, kemudian Rekat-kan Semua daging sapi di atas menjadi 20 tusuk atau dengan porsi/tusuk sesuai selera.

7. Panggang sate sapi di atas bara api sampai semuanya matang.

8. Saat semua sate sudah matang, Segera angkat dan bumbui dengan bumbu pelengkap

9. Sajikan sate kelapa selagi hangat

Tips Memasak:

1. Pada saat pembuatan saus kacang, perhatikan takaran Air yang Anda gunakan. Jangan terlalu berlebihan, Jika takaran terlalu banyak, maka tekstur saus kacang ini akan menjadi encer dan tentu kurang enak untuk di makan. Selain itu, Jika saus terlalu encer, maka rasa saus ini akan berkurang.

2. Sate kelapa paling enak jika kondisinya masih hangat, terlebih jika di tambahkan lalapan buah Timun dan di sertai minuman dingin seperti halnya es jeruk.

3. Jika Anda suka dengan rasa pedas, Silahkan tambah jumlah cabai rawit sesuai selera, Jangan lupa cuci terlebih dahulu

4. Agar daging sate memiliki tekstur empuk, Anda dapat membeli daging dari sapi muda, catatan : 100 gram mengandung 229 kilo kalori (KKL) dalam daging sapi muda

Itulah beberapa bahan dan petunjuk cara membuat sate kelapa ala Surabaya, Anda dapat membuat menu ini untuk sajian pada bulan puasa atau untuk konsumsi harian. Bicara tentang sate kelapa. Anda juga dapat membuat sate ini untuk keperluan di jual sendiri.