Tips Agar Salad Buah Tidak Cair

Seberapa suka kamu memakan buah-buahan, tentunya setiap orang suka memakan buah-buahan. Terlebih lagi buah-buahan memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu Kesehatan dan ketahanan tubuh. Semakin suka memakan buah-buahan, kini hadir kreasi baru olah buah-buahan menjadi salad buah.

Silahkan baca : Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Salad buah merupakan irisan dari beberapa buah yang kemudian dicampurkan dengan mayonais. Namun jika sudah diiris dari beberapa buahan dan dicampur dengan mayonais kemungkinan menyebabkan salad menjadi cair atau berair. Tenang kita punya cara membuat salad buah agar tidak cair. Oleh karena itu simak baik-baik penjelasan artikel ini tentang cara membuat salad buah agar tidak cair.

Mayonais untuk salad buah

Berbagai jenis produk mayonais yang telah dipasarkan untuk berbagai kegunaan, salah satu untuk melengkapi salad buah. Harga dan rasa sangat bervariasi tergantung jenis-jenis mayonaisnya. Sebagian pula mencoba membuat sendiri dirumah. Sebab caranya tidak terlalu susah dan soal rasa hampir sama dengan rasa mayonais yang diperjualbelikan.

Silahkan Baca :  7 Rekomendasi Mayonaise Untuk Salad Buah

Silahkan baca : 7 Rekomendasi Mayonaise untuk Salad Buah

Menggunakan tepung maizena

Ingin salad tetap awet dan ngga mudah cair, maka gunakan tepung maizena. Tepung maizena berfungsi  agar terkstur salad dressing tetap kental namun tidak cair. Tepung maizena dapat dibeli di toko terdekat dan umumnya menggunakan Maizenaku dari jagung.

Resep Salad buah tidak mudah cair

Tahap 1, Sebelum memulai membuat salad dressing, perlu melengkapi beberapa bahan yang terdiri dari:

  • 250 ml susu cair.
  • 2 sendok makan tepung maizena.
  • 1 sendok makan gula pasir.
  • ½ (setengah sendok) garam.
  • 50 gram mayonais.
  • Topping dari chedder keju.

Tahap 2, jenis buahan yang digunakan untuk salad umumnya terdiri dari melon, anggur, apel, buah naga, papaya dan buah pilihan lainnya.

Proses Pembuatan Salad:

  1. Iriskan buah-buahan yang telah disiapkan menjadi beberapa potong kedalam satu wadah, kemudian simpan ke dalam kultas.
  2. Scampurkan susu, tepung maizena, gula dan garam kemudian panaskan hingga mengental. Tunggu sejenak hingga salad dressing menjadi dingin.
  3. Setelah itu masukkan mayonais dan campurkan hingga teraduk sempurna.
  4. Salad dressing yang telah jadi kemudian dimasukkan ke tempat buah-buahan yang telah di iris tadi.
Silahkan Baca :  3 Cara Membuat Bubur Sumsum Super Lembut dan Gurih

Cara agar salad yang dibuat tidak mudah cair.

  1. Simpanlah buah-buahan di kulkas agar kualitas buahannya tetap segar serta terhindar dari bakteri. Kupas dan potong jika ingin membuat salad, jangan gunakan buahan yang sudah lama dikupas dan dipotong untuk dijadikan salad buah.
  2. Neneskan perasan air lemon pada buahan yang mau disimpan atau mau dibuat salad. Lemon kaya akan kandungan asam yang dapat memperlambatproses oksida sehingga buah-buahan tidak mudah cair.
  3. Campurkan garam bila perlu untuk membuat buah-buahan tetap fresh, sebab garam dapat menetralkan rasa tidak sedap pada buah serta dapat menjaga rasa manis buah.
  4. Jika ingin menyimkan kedalam kulkas, pisahkan antara buah dengan saus mayonais salad. Sebab akan membuat buah salad cepat berair.
Silahkan Baca :  10 Daftar Makanan Oriental Yang Paling Menggugah Selera Makan

Penyebab salad buah mudah cepat cair adalah kandungan air yang berlebiahn terdapat di buah atau bahan saat proses pembuahan salad. Sebelum dicampurkan saus kedalam buah, pastikan sudah kering sempurna. Oleh karena itu perlu memasukkan buah kedalam kulkas agar kandungan air terangkat menjadi uapan di kultas. Simpan lah salad buah ditempat tertutup seperti wadah tertutup atau kulkas. Umumnya salad hanya mampu disimpan hingga hari ke 5 setelah proses produksi.

You May Also Like