Resep Dan Cara Membuat Pad Thai Yang Sederhana

Pad Thai merupakan salah satu makanan khas dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Makanan berupa mie ini memiliki cita rasa khasnya yaitu asam. Di dalamnya juga terdapat isian seperti tauge, tahu, udang, kacang goreng, dan kucai.

Pad Thai lebih populer dijajakan sebagai jajanan kakilima di Thailand. Jika melihat sejarahnya, Pad Thai muncul ketika Perang Dunia II. Saat itu, Thailand mengalami kekurangan beras karena perang dan banjir. Untuk mengurangi konsumsi beras dalam negeri, pemerintah Thailand mempromosikan konsumsi mie.

Salah satu mie yang dibuat yaitu Pad thai yang menjadi salah satu hidangan nasional Thailand. Hingga saat ini, beberapa penjual makanan menambahkan daging babi atau ayam (walaupun resep aslinya tidak mengandung daging babi). Beberapa penjual Pad Thai juga masih menggunakan resep aslinya.

Cara Membuat Pad Thai

Perpaduan antara mie dan berbagai sayuran membuat Pad Thai kaya akan rasa. Meskipun Pad Thai berasal dari Thailand, Sobat bisa membuatnya sendiri di rumah lho. Seperti apa bahan dan langkah-langkahnya? Yuk simak ulasannya di bawah ini !

Bahan-bahan membuat Pad Thai

  • 250 gram (1 pak) kwetiau kering atau bihun
  • 2 sendok makan cacahan bawang merah dan bawang putih
  • 300 gram udang yang sudah dikupas dan dikerat bagian punggungnya
  • 2 butir telur (digoreng orak arik)
  • Asam jawa secukupnya
  • 1 ons daun kucai
  • 1 sendok makan ebi cacah (sobat juga bisa memakai ebi kriuk pedas sambal tabur)
  • 3 buah tahu (dipotong lalu digoreng)
  • 2 ons tauge yang sudah dibuang ekornya
  • 2 ons kacang tanah yang sudah digoreng
  • Cabai bubuk secukupnya

Langkah-langkah pembuatan Pad Thai

  1. Siapkan bahan-bahan di atas
  2. Rendam kwetiau kering atau bihun dalam air.
    Perendaman bihun atau kwetiau kering harus di lakukan menggunakan air dingin. Proses perendaman dilakukan sampai tekstur bihun atau kwetiau benar-benar sudah lemas. Setelah lemas kemudian tiriskan.
  3. Kemudian siapkan cacahan bawang merah dan bawang putih, kupas kulit asam thailand dan potong-potong sekitar 4 cm daun Kutai.
  4. Kemudian, goreng kacang tanah, lalu tumbuk hingga tidak terlalu halus (agak kasar).
  5. Potong tahu membentuk persegi panjang, kemudian goreng.
  6. Siapkan asam jawa, kemudian kupas kulitnya, buang bijinya, dan ambil dagingnya. Kemudian masukan dagingnya asam tersebut ke dalam 1/4 gelas air. Lalu blender dan sisihkan.
  7. Campurkan asam jawa yang sudah diblender dengan gula, kecap atau saus tiram. Aduk rata, kemudian masak hingga mendidih dan mengental. Kemudian sisihkan.
  8. Tumislah bawang merah dan bawang putih hingga berwarna kuning agak kecoklatan. Kemudian masukan udang, masak sampai berubah warna. Lalu masukan beberapa daun kucai dan potongan tahu. Aduk hingga rata.
  9. Masukanlah sebagian tauge, kemudian masukan bihun. Masukan juga saus, lalu aduk hingga rata.
  10. Jika rasa masih kurang, sobat bisa menambahkan saus tiram. Langkah terakhir masukan masukan telur orak-arik yang sudah dimasak di penggorengan lain.
  11. Sajikan Pad Thai
    Tuangkan Pad Thai yang sudah matang di atas piring, kemudian taruh daun kucai, udang goreng, cacahan kacang tanah, ebi kriuk pedas, potongan jeruk nipis, dan taburi dengan tauge mentah di atasnya.
Baca Juga :  Resep Dan Cara Membuat Khao Tom Bubur Khas Thailand

Itulah cara membuat Pad Thai

Semoga resep dan langkah-langkah pembuatan Pad Thai di atas dapat membantu sobat untuk menikmati kepezatan makanan khas Thailand ini. Sekian dan terima kasih.