Resep Dan Cara Membuat Nasi Goreng Khao Pad Mudah dan Praktis

Nasi Goreng Khao Pad – merupakan masakan khas dari negeri Thailand. Bagi pecinta kuliner patut mencoba masakan ini, sekilas rasa nasi goreng ini mirip seperti di Indonesia, tapi mempunyai cita rasa yang lebih nikmat karena adanya aroma kecap ikan yang begitu gurih. Berpadu dengan pedasnya cabai serta suwiran daging ayam, pasti cukup enak bila di suap ketika masih hangat.

Anda bisa memanfaatkan sisa nasi yang ada di rumah, mengingat nasi yang cukup pera akan lebih enak dibuat nasi goreng Thailand. Selain itu nanti rasanya akan sedikit asam, manis namun tetap gurih. Pasti dijamin lezat dan praktis proses pembuatannya.

Ada beberapa bahan yang perlu anda siapkan berserta dengan bumbu-bumbu racikan ala Thai.

Berikut di bawah ini langkah-langkah cara membuat nasi goreng Khao Pad yang begitu mudah dan praktis.

Untuk membuat sepiring nasi goreng ini diperlukan bahan berupa 300 gram nasi putih yang agak pera, 75 gram daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil seperti dadu, 4 siung bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis, 3 siung bawang putih yang sudah di cincang halus, 3 buah jamur shitake yang masih segar dan diiris tipis, 1 butir telur, 30 gram kacang polong beku, 1 batang daun bawang yang sudah diiris kasar, dan 3 sendok makan minyak sayur untuk nantinya menumis bumbu-bumbu.

Setelah anda menyiapkan bahan itu, untuk bumbunya nanti memakai 3 sendok makan kaldu ayam, 3 sendok makan saus ikan, 2 sendok makan kecap asin, 3 buah cabe rawit yang diiris halus, 1 sendok teh air jeruk nipis segar dan ditambah lada serta gula manis.

Langkah Pembuatan Nasi Goreng Khao Pad

Langkah awal yang perlu anda siapkan ialah campurkan semua bahan meliputi saus ikan, kaldu ayam, kecap asin, beberapa potongan cabai rawit, air jeruk nipis, lada serta gula. Aduk semuanya hingga merata sempurna, kemudian sisihkan.

Baca Juga :  Resep Dan Cara Membuat Gaeng Daeng Kari Ayam

Langkah kedua, anda perlu memanaskan wajan terlebih dahulu, kemudian tuangkan 2 sendok makan minyak dan tumis bawang putih hingga tercium bau yang begitu harum. Lalu tambahkan bawang merah dan cabai, tumis secara merata hingga terlihat layu. Setelah itu tambahkan ayam, dan tumis kembali hingga warnanya berubah.

Langkah ketiga, masukkan jamur shitake tadi bersamaan dengan daun bawang lalu tumis sebentar saja hingga layu. Kemudian masukkan nasi yang pera tadi ditambah sedikit campuran saus khas Thailand, aduk perlahan hingga semua merata dengan baik. Setelah itu mulai tambahkan kacang polong dan pecahkan 1 butir telur tadi di atasnya, aduk lagi sampai terlihat telur sudah mulai matang serta menggumpal. Lalu angkat dan matikan api.

Dan langkah terakhir anda cukup menyajikan nasi goreng tadi dalam keadaan masih panas. Dengan catatan bila anda tidak menemukan jamur shitake bisa diganti dengan sayuran berupa potongan sawi yang segar, dan untuk daging ayam bisa diganti dengan udang. Tapi bagi yang alergi terhadap udang, cukup pakai daging ayam saja.

Untuk soal rasa nasi goreng Khao Pad ini begitu gurih dan sedikit ada rasa asam. Kalian yang hobi makan nasi goreng bisa mencoba memasak dengan resep unik ala Thailand ini, agar bisa merasakan cita rasa yang berbeda dari nasi goreng Indonesia pada umumnya. Jangan lupa share artikel ini sobat dan komentar yang sudah mempraktekkan memasak nasi goreng Khao Pad.