Cara Membuat Nasi Babat Asli Madura Dengan Bumbu Kuning

Ketika berbicara tentang jeroan, beberapa orang secara alami menentangnya sebagai bahan masakan. Selain menjadi perhatian, kandungan kolesterol yang cukup tinggi menjadi sumber perhatian bagi kesehatan tubuh. Akibatnya, banyak orang yang langsung mengabaikannya, meski belum pernah mencicipinya. Sebaliknya di Surabaya anggapan tersebut tidak berlaku. Banyak warung yang menyajikan jeroan berupa babat. Aroma babat goreng yang sedap seakan membius rasanya saat saya melewati warung tersebut. Terlepas dari kenyataan bahwa rata-rata restoran sederhana, selalu ramai dengan pelanggan. Tidak jarang beberapa dari mereka juga harus rela mengantri. Jika dipadukan dengan sambal bawang yang pedas, babat ini menjadi semakin nikmat. Lebih enak lagi dengan taburan serundeng kelapa di atasnya. Biasanya ada lauk pauk seperti usus, paru-paru, empal, dan udang goreng untuk memanjakan lidah. Nah bagi anda yang tidak sempat datang ke surabaya, tenang! Anda masih bisa menikmati masakan yang satu ini lho, berikut adalah resepnya.

Bahan utama Nasi Babat :

½  kg babat, Anda bisa menggunakan babat dari sapi atau Kambing (Sesuai selera)

1 ruas kunyit

1 buah jeruk nipis

5 siung bawang putih

Ketumbar secukupnya

Daun jeruk secukupnya

Garam secukupnya

Penyedap rasa, Opsional

Minyak goreng secukupnya

Air bersih secukupnya

Bahan untuk sambal:

Cabe rawit, Jumlahnya sesuai selera

Bawang putih scukupnya

Garam halus secukupnya

Cara Membuat Nasi Babat Ungkep Bumbu Kuning :

1. Potong babat dengan ukuran sesuai selera, sisihkan

2. Bersihkan sendiri babat yang telah dipotong, kemudian rendam sebentar ke dalam air jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis

3. Keluarkan air jeruk nipis yang telah digunakan untuk merendam babat dan gunakan air segar untuk merebus babat.

4. Rebus babat dengan air segar, sambil menunggu babat menjadi empuk, siapkan bumbu halus sebagai campuran rebusan babat.

5. Haluskan bumbu babat termasuk bawang putih, garam, kunyit, dan ketumbar.

6. Jika babat sudah empuk, silahkan angkat dan buang airnya. Silahkan ganti dengan air yang masih segar dan rebus kembali.

7. Tambahkan bumbu yang sebelumnya telah dihaluskan ke dalam rebusan babat.

8. Buat sambal babat: Karena sambal ini merupakan jenis sambal matah, maka bawang putih, cabai rawit, dan garam tidak perlu digoreng atau direbus, sehingga prosesnya yaitu cukup di haluskan saja mengunakan cobek kemudian sisihkan.

9. Coba cek rebusan babat, apakah bumbu halusnya sudah meresap? jika bumbu halus sudah meresap, segera angkat dan tiriskan.

10. Panaskan minyak horeng di atas wajan dan Goreng babat hingga matang, kemudian angkat’

11. Ambil wadah besar dan sajikan bersama nasi putih hangat.

Tips memasak:

  1. Agar tekstur babat tidak alot, Jangang menggoreng babat terlalu lama, apalagi hingga kering. Cukup di goreng sejenak dan angkat.
  2. Menurut saya, babat sangat cocok di hidangkan bersama nasi jagung dan dalam keadaan hangat.
  3. Sajikan babat dengan sambal matah dan dalam kadaan hangat.
  4. Jika suka degan rasa pedas, Anda dapat menambah takaran cabe rawit sesuai selera.
Baca Juga :  Resep Membuat Sate Emprit dan Soto Kediri

Itulah resep dan cara membuat nasi babat dengan sambal sambal khas Surabaya. Resep diatas akan menghasilkan 4-6 porsi babat dan cocok untuk dikonsumsi sehari-hari bersama keluarga tercinta. Bagaimana prosesnya, sangat mudah bukan? Tetapi perlu anda pahami, Mungkin resep di atas tidak cocok jika digunakan untuk Ide bisnis kecil-kecilan. Jadi, lebih baik pelajari resep nasi babat dengan baik dan jika perlu, belajar dengan sungguh-sungguh.