Resep Dan Cara Membuat Mango Sticky Rice Dengan Rice Cooker

Masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan makanan pokoknya yaitu nasi. Tak sedikit pula yang mengolahnya menjadi nasi goreng jawa, nasi goreng tomat dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana dengan olahan Mango Sticky Rice atau dikenal dengan Ketan Mangga? Pernah membayangkan rasa ketan dipadukan saus dan buah mangga dalam satu wadah? Olahan ini memang terkenal di Thailand bahkan menjadi kuliner khas negara tersebut. Dari namanya saja, kita bisa melihat perpaduan antara nasi ketan dan potongan buah mangga. Penasaran dengan rasanya? Cara membuat mango sticky rice tergolong mudah, lho!

Nama asli dari makanan ini sebenarnya adalah Khao Neeo Mamuang. Kalau di Indonesia terkenal dengan ketan susu, maka Thailand memiliki sandingannya yakni Mango Sticky Rice. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan bagaimana membuat ketan pulut durian. Hanya saja, buah durian bisa kita ganti menggunakan buah mangga.

Bahan-bahan Membuat Mango Sticky Rice untuk Empat Porsi

Siapkan ketan

Ketan merupakan bahan utama dari Mango Sticky Rice. Siapkan 250 gram beras ketan putih. Siapkan pula 300 ml santan kental dan 2 gelas air. Siapkan 200 gram gula pasir, ½ sendok teh garam dan 1 lembar daun pandan agar terasa harum.

Saus

Mango Sticky Rice terasa lebih lezat karena adanya saus khas. Bahan untuk membuat saus adalah 120 ml santan kental, 1 sendok makan gula putih, ¼ sendok teh garam dan 1 sendok makan tepung tapioka. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan 3 buah mangga. Baik itu mangga golek, gadung ataupun arumanis. Lengkapi dengan 1 sendok makan wijen sangrai. Anda bisa memotong mangga dengan bentuk dadu atau sesuai selera.

Langkah-langkah Membuat Mango Sticky Rice

Membuat Ketan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa bahan utama dari sajian ini adalah ketan. Untuk membuatnya, kukus terlebih dahulu beras ketan dengan air selama kurang lebih 15 menit. Pastikan bahwa air di panci kukusan telah menyusut.

Baca Juga :  30 Makanan Khas Thailand, Dan Coba Bayangkan Rasanya

Setelahnya, Anda bisa mencampurkan 300 ml santan, garam dan gula pasir ke dalam panci. Baru masukkan daun pandan yang sudah Anda simpul dan rebus menggunakan api sedang sampai mendidih. Berikutnya, masukkan nasi pada campuran santan dan aduk hingga merata. Diamkan kurang lebih 30 menit kemudian kukus selama 20 menit hingga matang. Kamu juga bisa menggunakan rice cooker untuk memasaknya.

Cara Membuat Saus Mango Sticky Rice

Membuat saus untuk sajian Mango Sticky Rice juga tergolong mudah. Campurkan 120 ml santan dengan gula pasir. Tambahkan tepung tapioka dan rebus hingga mendidih. Jika telah selesai, sisihkan saus. Jika rasa saus kurang manis, Anda bisa menambahkan gula pasir sesuai selera.

Sajikan Mango Sticky Rice dengan Tampilan Menarik

Agar lebih menggugah selera, tak ada salahnya untuk mengatur penyajian Mango Sticky Rice ini di atas mangkuk atau piring. Ambil ketan secukupnya di atas wadah, beri potongan mangga di bagian samping. Tuangi ketan dengan saus dan taburi dengan wijen yang sudah disangrai sebelumnya.

Tidak hanya tampilannya yang manis, tetapi rasa Mango Sticky Rice ini tentu lezat. Pastikan tiap langkah pembuatannya sudah benar, hidangkan pada saat sore hari untuk disantap bersama teman dan keluarga.

Cara membuat Mango Sticky Rice ini tergolong mudah apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa kita dapatkan di sekitar kita. Di Indonesia sendiri, buah mangga begitu beragam. Anda bisa memilih varian mangga manakah yang akan digunakan sebagai pelengkap sajian Mango Sticky Rice.