Please! Follow my Instagram.

Cara Membuat Lasagna Rumahan Praktis Mudah Dibuat

Tahukah Anda kalau jenis lasagna tidak hanya satu saja. Tetapi ada lasagna panggang, lasagna lumer, lasagna cheese hingga lasagna kukus. Tiap jenis lasagna memiliki cara membuat yang berbeda. Misalnya seperti cara membuat lasagna cheese yang tidak sama dengan jenis lainnya. Namun, bahan dan alat yang dibutuhkan tidak akan jauh berbeda. Siap untuk memasak lasagna lezat? Yuk simak resep dan cara membuatnya berikut ini!

Cara Membuat Lasagna Rumahan

Lasagna merupakan makanan khas italia yang membutuhkan banyak bahan untuk membuatnya. Agar bisa menghasilkan lasagna sesuai ekspektasi, siapkan bahan untuk kulit lasagna, bahan untuk saos tomat dan saos bechamel. Ada tiga jenis tahapan memasak yang harus dilakukan dengan teliti.

Bahan Kulit Lasagna :

Keju

Kulit lasagna

Bahan Saos Tomat

3 kaleng besar tomat yang sudah dipotong dadu

250 ml kaldu ayam dan 500 ml air

1 bawang bombay yang dipotong kotak

1,5 kg daging sapi cincang.

2 buah wortel besar yang telah dipotong dadu

2 batang seledri yang dipotong dadu

170 gram pasta tomat dalam bentuk kalengan

Daun parsley secukupnya

Garam dan lada sesuai selera

5 lembar daun basil

Bahan untuk Saos Bechamel

2 sdm tepung terigu

200 ml susu cair

2-3 sdm keju parmesan

2 sdm mentega

Resep Lasagna Saos Tomat

1. Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, saatnya untuk memasak tahap pertama. Buatlah terlebih dahulu saos tomat lasagna agar hidangan terasa lengkap.

2. Tumis bawang bombay, wortel dan batang seledri hingga berair ke dalam panci menggunakan api kecil. tumis hingga memakan waktu 5-7 menit. Perhatikan ketika menumis agar tidak sampai gosong.

3. Jika dirasa sudah cukup berair, masukkan daging cincang, pasta tomat dan buah tomat yang sudah dipotong dadu kemudian besarkan api. Masukkan kaldu ayam, air dan daun basil. Jika semua bahan sudah tercampur, masak selama kurang lebih 30 hingga 40 menit dengan aduk tiap 10 menit sekali. Tunggu mendidih hingga adonan terlihat mengental.

4. Masukkan irisan daun parsley jika proses memasak akan selesai.

5. Tambahkan garam dan lada sesuai dengan selera Anda masing-masing.

6. Apabila rasa saos tomat sudah dirasa cukup atau stabil, masukkan sedikit garam dalam adonan saos.

Resep Saos Bechamel untuk Lasagna

Tahap pertama telah selesai, memasak saos tomat untuk lasagna ketika dihidangkan. Berikutnya, Anda bisa menjadikan resep ini sebagai resep lasagna untuk jualan agar disukai para konsumen.

Tambahkan saos bechamel dengan cara membuatnya seperti:

  1. Lelehkan terlebih dahulu mentega, masukkan tepung terigu dan aduk hingga merata
  2. Jika sudah tercampur rata, masukkan susu cair perlahan ke dalam adonan
  3. Selama membuat saos bechamel perhatikan adonan. Jika sudah terlalu kental, tambahkan susu cair secukupnya. Tetapi apabila adonan terlalu cair maka tambahkan tepung terigu. Masukkan 2 hingga 3 sdm keju parmesan dan aduk rata.

Cara Membuat Lasagna Panggang

1. Rebus terlebih dahulu kulit lasagna dengan waktu kurang lebih 3 menit. Sebaiknya tidak menumpuk lembaran kulit pasta terlalu banyak karena hanya akan menempel dan sulit dipisahkan.

2. Siapkan loyang, lumuri lapisan paling bawah dengan saos tomat. Tutupi menggunakan kulit lasagna kemudian lapisi lagi dengan saos tomat dan saos bechamel. Lakukan seterusnya untuk layer yang sama minimal 4 layer.

3. Tutup rapat loyang menggunakan aluminium foil dan panggang menggunakan panas 180 derajat dengan waktu selama 20 menit.

4. Cara membuat lasagna, selesai. Hidangkan dan nikmati bersama keluarga.

Selain dengan cara panggang, Anda bisa menemukan cara membuat lasagna kukus dan cara membuat lasagna teflon. Pilih sesuai dengan peralatan memasak yang Anda miliki. Selamat mencoba!