Resep Dan Cara Membuat Khao Tom Bubur Khas Thailand

Pernahkah Anda mendengar sajian Khao Tom Bubur Khas Thailand? Selain Tom Yam, Khao Tom juga menjadi sajian khas Thailand yang begitu digemari dan melekat pada banyak wisatawan yang berkunjung. Khao Tom sendiri juga disebut bubur nasi. Makanan ini merupakan nasi yang dimasak menggunakan campuran daging atau ikan. Ada juga yang menyebutnya dengan Khao Tom Goong yakni bubur nasi dengan udang. Mereka yang suka sajian daging babi, akan menyukai varian Khao Tom Moo. Cara membuat Khao Tom bubur khas Thailand ini bisa Anda coba di rumah.

Thailand memang terkenal dengan kuliner bubur yang khas. Jika Anda tidak berkenan mengonsumsi daging babi terutama bagi yang beragam Islam, pilih Khao Tom Goong yang merupakan bubur dengan campuran udang. Mau memasaknya di rumah? Yuk, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

Bahan-bahan Membuat Khao Tom Bubur Khas Thailand

  1. Siapkan 1 ati ampela atau udang. Potong-potong menjadi bagian lebih kecil, rebus
  2. Siapkan 1 batang daun bawang
  3. Cabe bubuk sesuai selera
  4. 1 setengah sendok teh garam
  5. Setengah sendok teh penyedap rasa
  6. 900 ml air kaldu
  7. 1 atau setengah potong bawang bombai
  8. 3 siung bawang putih
  9. Setengah sendok teh merica bubuk
  10. Setengah ruas jahe
  11. 2 sendok makan kecap asin
  12. Dari bahan-bahan yang dibutuhkan, Anda bisa menyiapkannya sesuai dengan selera masing-masing. Seperti misalnya ukuran untuk penyedap rasa, garam atau ukuran cabe bubuk. Pastikan bahan yang dibutuhkan telah siap dan tak ada yang terlewatkan. Jika dirasa lengkap, mulailah untuk mengikuti langkah bagaimana cara membuat Khao Tom bubur khas Thailand.

Langkah-langkah Membuat Khao Tom

Potong daun bawang berukuran kecil dan sisihkan terlebih dahulu. Rebus ati ampela yang telah anda siapkan menggunakan 1 liter air. Jika sudah matang, angkat dan potong-potong sesuai selera.

Baca Juga :  11 Makanan Thailand Halal, Pasti Enak

Selagi menunggu rebusan ati, anda bisa memotong bawang bombai, bawang putih dan jahe. Tumis hingga terasa harum. Tambahkan ati yang sudah matang, beri setengah gelas air. Jika sudah mendidih, Anda bisa menambahkan kecap ikan, garam dan penyedap rasa. Perhatikan komposisi garam dan penyedap rasa karena sudah menggunakan kecap asin. Aduk hingga rata hingga dirasa cukup, angkat ati ampela yang sudah dicampur bumbu.

Langkah berikutnya, panaskan kembali air kaldu sisa rebusan ati. Anda bisa mengambil sedikit air kaldu untuk kuah Khao Tom. Masak nasi dengan api kecil hingga menjadi bubur yang kental. Jika sudah menjadi bubur, letakkan di atas mangkok atau piring. Berikan topping ati ampela dan irisan daun bawang, taburan bubuk cabe serta bawang goreng.

Hidangkan Khao Tom selagi hangat, Anda bisa mengaduk topping yang ada di atas bubur atau tidak. Khao Tom cocok dinikmati untuk pagi atau sore hari. Selain bahan-bahan yang disebutkan, Anda juga bisa menambahkan perasan lemon atau jeruk nipis.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak varian Khao Tom. Jika tidak menyukai ati ampela, ganti menggunakan udang atau daging ayam. Penambahan jeruk nipis atau lemon juga bisa disesuaikan dengan selera tingkat keasaman masing-masing.

Ada banyak resep atau kreasi tentang bagaimana cara membuat Khao Tom. Anda bisa membuatnya sesuai keinginan. Bagi sebagian orang, mereka juga menambahkan potongan wortel, kentang dan taburan bawang putih. Ikuti langkah-langkah pembuatan Khao Tom dengan benar, nikmati bersama keluarga. Khao Tom, bubur khas Thailand siap dihidangkan.