Apa Saja Makanan-Makanan Internasional Sumber Protein Hewani?

Ada banyak sekali makanan makanan internasional yang menjadi sumber protein hewani, seperti rendang, kebab, ramen, Kentucky, stick daging, Yakiniku, sashimi, hot dog dan masih banyak lainya.

Intinya protein hewani adalah makanan yang berasal dari olahan produk hewan seperti daging ayam, daging bebek, daging sapi daging kambing, susu, telur, seafood dan lainya. Protein hewani mengandung asam amino yang sangat berguna untuk tubuh kita diantaranya membantu perkembangan otot, memulihkan otot, menambah sistem imun, fungsi lainya :

  • memperbaiki jaringan tubuh,
  • menyeimbangkan cairan tubuh,
  • menjaga kadar asam basa,
  • menghasilkan hormon, seperti insulin dan tiroid,
  • memproduksi enzim yang berfungsi sebagai katalis, serta
  • membentuk neurotransmitter.

Asam amino terbagi menjadi dua yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial sendiri tidak bisa diproduksi dalam tubuh sehingga harus ada asupan dari luar agar fungsi organ dalam tubuh berjalan dengan baik, sedangkan asam amino non esensial dapat diproduksi sendiri dalam tubuh kita.

Berapa banyak kebutuhan asam amino setiap harinya dalam tubuh kita? Sebenarnya setiap orang berbeda beda, menurut WHO orang dengan berat badan 70 kg memerlukan : 280 mg triptofan, 2.100 mg lisin, 2.730 mg leusin. Kamu tidak perlu memikirkan berapa banyak yanng dibutuhkan setiap harinya, pastikan setiap harinya terpenuhi asupan gizi. Untuk orang dewasa sendiri memerlukan 60 gram asam amino dalam tubuh.

Topik Terkait :  7 Bentuk Makanan Teraneh dan Terkreatif Sepanjang Masa

Sebenarnya tidak perlu mencari makanan internasional atau luar negeri yang mengandung protein hewani untuk memenuhi asupan tubuhmu, ada banyak makanan nasional di Indonesia yang mengandung protein hewani yaitu diantaranya : sate, soto, ayam bertutu, sate bebek, sate lilit, soto Betawi, dan masih banyak lainya.