9 Daftar Makanan Tradisional Khas Jawa Yang Paling Dinikmati Dan Populer

Lumpia

Ada banyak sekali kuliner asli Indonesia yang setiap daerahnya memiliki perbedaan yang unik, begitu juga dengan masakan tradisional khas Jawa. Makanan khas Jawa memiliki cita rasa yang unik yakni gurih, dengan rasa manis yang ringan khususnya di daerah Jawa tengah dan Yogyakarta, untuk di Jawa timur tidak terlalu manis karena jarang memakai gula saat pembuatanya. Sama seperti di negara negara Asia lainya yaitu makanan oriental yang mengandung banyak rempah rempah didalamnya, begitu juga dengan makanan khas Jawa ini. Berikut daftar 9 makanan khas tradisional Jawa yang populer :

1. Sate bekicot dan sambal tumpang, Kediri

Sate
Ilustrasi sate bekicot

Pembuatan sate bekicot memerlukan proses yang cukup panjang, untuk itu Anda perlu bersabar dan melakukan semua langkah-langkahnya agar menghasilkan rasa nikmat. Selain dapat menyembuhkan gatal, ternyata hewan ini juga berkhasiat mempercepat penutupan luka.

Sambal tumpang, Makanan khas Kediri satu ini memiliki aroma khas rempahnya. Bahan dasarnya yakni tempe yang sudah busuk, biasanya tersaji dengan nasi pecel yang menggoda lidah. Produk ini merupakan salah satu kuliner legendaris Jawa Timur.

Cara membuat Sate bekicot

2. Rujak cingur, Surabaya

Rujak cingur
rujak cingur surabaya

Rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari bagian hidung sapi yang telah direbus hingga empuk kemudian dipadukan dengan bahan lainnya. Berbeda dengan kebanyakan rujak sayur atau buah, rujak cingur dapat disajikan sebagai menu one dish meal karena mengandung karbohidrat, lauk pauk, sayur mayur, dan produk nabati seperti tahu dan tempe yang mengisi kuliner dalam satu porsi. Bumbu rujak yang tidak biasa yang berisi terasi, dan pisang batu menambah keunikan masakan khas dari Jawa Timur tersebut. Kuliner ini bisa kamu temui di Surabaya, malang, Madura dan lain lainya di provinsi ini.

Baca Juga :  Cara Membuat Rujak Cingur Dengan Pisang Batu

Cara membuat rujak cingur

3. Cenil dan klepon, Kediri

Cenil ini merupakan makanan tradisional yang masih banyak peminatnya hingga sekarang. Bahan pembuatannya juga termasuk alami, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Bagi Anda yang ingin membuatnya di rumah, bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

Meski terbilang tradisional, namun jajanan ini banyak peminatnya hingga berbagai daerah. Bagi Anda yang ingin menikmatinya namun tidak bisa datang ke Kediri langsung, dapat membuatnya sendiri di rumah. Cukup sediakan alat dan bahannya, prosesnya juga terbilang mudah dan simpel.

Cara membuat cenil dan klepon

4. Lontong balap, Surabaya

Lontong balap memiliki nama yang unik, rasa dari makanan ini juga gak kalah unik. Lotntong balap merupakan makanan yang terbuat dari lontong, tauge, sambal, bawang goreng, tahu goreng dan kecap

5. Soto, semarang

Sebenarnya ada beragam soto di Jawa seperti soto Kudus, soto Lamongan, soto kediri, soto semarang dan semuanya sama sama enak dan nikmat. Tapi kali ini kita akan membahas soto semarang. Kelezatan Soto Semarang ternyata terbuat dari bahan dasar ayam kampung dan memiliki kuah bening khas dengan rasa manis di kuahnya yang gurih. Cita rasa yang ringan dari soto ini membuat soto khas ibu kota Jawa Tengah ini enak disantap kapan saja, termasuk sebagai bagian dari menu sahur. Semangkuk soto ini juga dapat disajikan dengan sat tusuk sate telur puyuh, atau usus, atau bisa juga bersama tahu goreng, dan daging goreng lainnya seperti usus, paru-paru, atau hati ampela ayam. Satu hal yang menarik dari kuliner ini adalah, Anda dapat menyajikan soto Semarang ini sebagai menu andalan yang dapat dinikmati semua keluarga.

Baca Juga :  10+ Makanan Khas Jawa Tengah Paling Banyak Dicari Wisatawan

Cara membuat soto semarang

6. Lumpia, Semarang

Lumpia
Lumpia semarang

Dengan isian yang bervariasi, lumpia biasanya mengungguli kebanyakan makanan ringan lainnya. Misalnya, jika gorengan seperti bakwan atau tahu dihidangkan, bisa dipastikan camilan lumpia akan disajikan lebih dulu dan kebanyakan orang akan memilih camilan ini. Kali ini saya akan menunjukkan cara membuat lumpia goreng dengan isian ayam dan sayur yang dibuat dengan perpaduan Kecap Manis Bango dan Royco rasa Kuah Ayam. Rasa manis dan gurih dari isiannya melengkapi lumpia yang disajikan dalam keaadaan hangat sehingga rasanya masih renyah.

Cara membuat lumpia

7. Garang asem, Kudus

Garang asem merupakan sajian masakan khas Jawa yang berbahan dasar daging ayam, dan bisa diganti dengan ampela atau hati ayam. Masakan ini memiliki cita rasa perpaduan antara asam dan pedas. Proses membuatnya yakni dengan cara dikukus didalam daun pisang. Makanan ini sangat nikmat sekali karena peraduan dua rasa tersebut, kamu bisa menghabiskan sepiring nasi lebih dengan lauk satu ini.

Baca Juga :  Resep Warisan Khas Soto Semarang Yang Mudah Dan Nikmat

8. Gudeg, Yogyakarta

Makanan ini terasa sangat nikmat sekali dengan bahan dasar nangka dan telur bacem, dan akan terasa nikmat jika dengan nasi bubur dan krecek kulit. Mungkin beberapa orang tidak terbiasa dengan rasa gudeg tetapi jika benar benar lapar sangat nikmat sekali, dan akan selalu ketagihan. Makanan tradisional yang satu ini sudah sangat terkenal, dan menjadi ikon wisata kuliner di kota Yogyakarta.

9. Rawon, Surabaya

Biasanya rawon disajikan bersama nasi putih hangat serta lauk seperti tempe goreng maupun telur asin, akan menambah kenikmatan siapa saja yang mencobanya. Rawon ini begitu sangat mudah ditemukan di sudut-sudut kota Surabaya.

Itulah daftar beragam makanan khas Jawa yang bisa menjadi inspirasi kamu di rumah untuk membuat hidangan keluarga, sebenarnya masih sangat banyak sekali dan beragam makanan khas Jawa. Kamu bisa langsung berlibur kesana dan langsung mencobanya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven + 1 =