8 Makanan Khas Yogyakarta Rekomendasi Berdasarkan Pengalaman

Makanan khas Yogyakarta

Makanan khas Jogja tidak jauh berbeda dengan kebanyakan makanan khas Jawa lainya. Dengan ciri khas agak manis, gurih dan pedas.

Pasti kamu tahu makanan khas Jogja adalah gudeg. Selain gudeg makanan apa yang terkenal dari Jogja? Tentu ada banyak dan salah satunya adalah bakpia pathok yang sangat cocok dijadikan oleh oleh khas kota Yogyakarta.

Beberapa makanan mungkin tidak cocok dengan lidah kamu, jadi jangan heran saat pertama kali mencicipinya. Berikut 8 contoh makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal.

1. Gudeg

Tentu saja yang pertama adalah gudeg, karena kuliner khas Yogyakarta ini sangat lekat jika mendengar kota pelajar ini. Gudeg terbuat berbahan dari nangka yang direbus berkali kali sehingga bumbu meresap membuatnya terasa manis dan nikmat.

Untuk beberapa orang yang pertama kali mencoba makanan satu ini akan terasa asing, dan agak kurang suka. Karena kurang terbiasa dan tidak cocok dengan lidahnya.

Cara membuat gudeg

Resep Gudeg Jogja Ternikmat

Yusron
Total Time 2 hrs
Course Main Course
Cuisine Indonesian, Yogyakarta
Servings 5 Orang

Ingredients
  

Bahan:

  • Nangka muda secukupnya, potong-potong dan cuci
  • 1/2 ekor ayam kampung potong-potong agak besar
  • Telur rebus secukupnya
  • 1 btr kelapa buat menjadi 750 ml santan cair dan 250 ml santan kental
  • 6 lbr daun jati

Bumbu :

  • 3 btr bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/2 sdt terasi
  • 2 sdm gula merah
  • 3 lbr daun salam
  • 2 potong lengkuas
  • Garam secukupnya

Instructions
 

  • Nangka muda direbus bersama daun jati hingga lunak, tiriskan. Pukul-pukul/memarkan nangka dengan ulekan atau gagang pisau.
  • Haluskan bumbu, kecuali daun salam dan lengkuas. Masukkan ke dalam panci bersama santan cair, potong ayam, dan nangka muda yang telah memar/dipukul-pukul. Tambahkan daun salam dan lengkuas.
  • Rebus hingga santan habis, terakhir masukkan telur rebus yang telah dikupas. Tambahkan santan kental lalu rebus kembali hingga santan habis

Notes

Pastikan masak gudeg hingga air tersisa sedikit agar bumbu meresap dan gudeg khas Jogja ini memiliki tekstur empuk.
Keyword cara membuat gudeg

2. Bakmi jogja

Yang kedua yaitu bakmi, walauoun ada banyak variasi bakmi dari berbagai daerah di Jawa. Bakmi Jogja juga tidak berbeda jauh tapi juga memiliki rasa sedikit berbeda. Bakmi sangat saya rekomendasikan jika kamu kurang cocok dengan rasa gudeg, bakmi biasanya akan buka sore hari sampai malam hari, sehingga sangat cocok saat nongkrong dimalam hari.

Resep Bakmi Jawa
Check out this recipe
Resep bakmi jawa

3. Sate klatak

Berikutnya ada sate klatak makanan khas Jogja selain gudeg. Kenapa diberi nama sate klatak? Sate ini awalnya dibakar dengan bambu dan kemudian diberi bumbu garam saat dibakar akan menghasilkan suara klathak klathak. Itulah mengapa diberi nama sate klathak, pembuat pertamanya adalah pak jupaini dan sekarang keturunanya yang melanjutkan.

Topik Terkait :  5 Tempat Gelato Jogja Paling Cozy dan Instramable

Sate klathak memiliki keunikan dibandingkan sate pada umumny, sate klathak dibakar dengan jeruji besi karena dengan besi kematangan bisa merata dan tahan lama. Jika dibandingkan dengan bambu, sate belum matang tetapi tusuknya sudah mulai terbakar.

sate klathak banyak ditemukan di jalan imogiri atau beberapa tempat di Bantul Yogyakarta. Sate klathak juga sangat rekomendasi jika kamu kurang cocok dengan bakmi atau juga gudeg.

4. Bakpaia pathok

Apa oleh oleh khas kota Yogyakarta? Ya tentu saja bakpia pathok jawabanya dan bakpia juga salah satu makanan terkenal dari Jogja selain gudeg. Kue khas Jogja satu ini sangat terkenal dan sangat rekomendasi untuk dibawa pulang.

Bakpia pathok memiliki rasa yang manis, lezat dan nikmat. Banyak sekali tempat di Yogyakarta yang menjual kue satu ini. Tapi jangan asal membeli, karena dibeberapa tempat menjualnya dalam kondisi tidak layak misalnya di beberapa tempat wisata berdasarkan pengalaman saya.

Belilah langsung dari toko pembuatanya dijamin rasa masih nikmat dan layak untuk dikonsumsi. Di setiap toko terkadang juga memiliki rasa yang berbeda karena resep dan cara yang digunakan juga berbeda, tapi saya sepertinya rasanya juga enak semuanya tergantung selera masing masing.

Topik Terkait :  Cara Membuat Sate Klatak Ternikmat

5. Oseng oseng mercon

Makanan satu ini sangat cocok untuk pecinta pedas, tetapi yang tidak pedas juga bisa memesannya tanpa dengan cabai. Oseng oseng mercon terbuat dari bahan dasar daging sapi yang dioseng atau dimasak dengan bumbu sambal yang khas dan pedas.

6. Yangko

Selanjutnya oleh oleh khas Jogja selain bakpia adalah yangko. Yangko terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dibentuk kotak kotak dan juga diberi warna beraneka ragam, rasanya manis.

Yangko berisi cincangan kacang didalamnya. Yangko hampir mirip dengan mochi asal Jepang, yang membedakan teksturnya mochi agak lebih lembek jika dimakan.

7. Kue adrem

Kue ini sempat viral dan mendapat perhatian dari warga net karena bentuknya yang unik, dikatakan mirip sesuatu.

Kue adrem berasal dari pesisir pantai selatan letaknya di kecamatan Sanden. Kue adrem terbuat dari bahan dasar tepung beras ditambah gula Jawa kemudian digoreng. Kue ini memiliki rasa yang gurih dan manis.

8. Walang goreng

Belalang atau walang dalam bahasa Jawa. Belalang goreng bisa kamu temukan di daerah gunung kidul. Karena belalang atau walang banyak ditemukan di kebun jati, yang mana gunung kidul banyak dijumbai kebun jati. Belalang goreng dipercaya mengandung banyak gizi.

Topik Terkait :  Cara Membuat Sate Klatak Ternikmat

Dalam ajaran agama islam juga tidak dilarang untuk mengkonsumsi belalang goreng dengan beberapa syarat salah satunya bersih.

Itulah 8 contoh makanan khas Jogja yang paling rekomended jika kamu berpergian ke Yogyakarta baik saat sekolah, liburan atau bekerja.

Anda mungkin juga suka...

MiNT