Please! Follow my Instagram.

4 Daftar Makanan Dibuat Menggunakan Tanah

Tanah liat ternyata banyak mengandung manfaat seperti dapat membantu dalam mengkuatkan pencernaan, mengobati diare, dan masih banyak lainnya. Tapi tahukah kamu bahwa tanah ini ternyata dibuat makanan. Seperti berikut ini daftar makanannya:

1. Ampo

Makanan tradisional yang satu ini banyak ditemukan di daerah Jawa Timur, Jawa Barat terutama pada daerah Tuban dan Cirebon. Siapa yang snagka bahwa cemilan yang satu ini terbuat dari tanah liat murni tanpa ada campuran bahan yang lainnya. 

Tanah yang digunakan untuk membuat ampo adalah tanah yang memiliki tekstur yang lembur serta tidak tercampur dengan krikil, pasir maupaun batu. Kemudian tanah diuleni dengan air sampai menjadi kalis hingga kemudian dibentuk kotak. Setelah adonan jadi langkah selanjutnya yaitu dikikis atau diserut sedikit demi sedikit sampai pada akhirnya diasapi diatas tungku kayu bakar. 

Ampo ini dipercaya bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selain itu juga dipercaya dapat membantu menguatakan sistem pencernaan, membuat nyaman perut dan melindungi dari virus beserta bakteri. Ternyata banyak juga manfaat dari mengkonsumsi ampo ini. Tapi perlu hati-hati juga dalam mengkonsumsi tanah ini karena tanah rentan terkena kontaminasi kotoran hewan maupaun manusia dan juga cacing. 

2. Kue tanah

Penduduk di Afrika atau biasa juga disebut sebagai penduduk kulit hitam karena keterbatasan biaya sehingga penduduk ini tidak sanggup hanya untuk membeli bahan makanan dan menjadikan tanah sebagai makanan mereka. Untuk membuat kue tanah ini bukan sembarangan tanah melainkan tanah yang berada dalam lapisan tanah yaitu tanah merah. 

Sebelum membuatnya tanah harus dibersihkan dulu dari kerikil maupun kotoran lainnya hingga kemudian diberikan sedikit air dan dicetak lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai kering. Penjemuran ini dilakukan agar bakteri yang ada dalam tanah bisa mati. Biasanya kue tanah ini berbentuk bulat pipih seperti bentuk kue kering pada umumnya. 

3. Telur seribu tahun

Walaupun tidak langsung terbuat dari tanah tetapi prosesnya juga menggunakan tanah dan bisa dibilang cukup unik. Telur ini sering juga disebut sebagai telur bitan, telur yang berasal dari Tionghoa ini merupakan telur itik atau ayam yang memiliki warna hijau gelap pada kuning telurnya dan warna kecoklatan pada putih telurnya. Proses pembuatan telur seribu tahun ini memerlukan waktu yang tidak sebentar perlu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan. 

Telur itik ini dibalut atau diawetkan dengan tanah lempung yang dicampur dengan abu, garam dan juga sekam padi. Telur seribu tahun memiliki protein yang tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah dibandingkan dengan telur biasa pada umumnya. Memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mengkonsumsinya.

4. Telur asin

Seperti telur bitan diatas makanan ini juga terbilang unik. Pasti kamu sudah sering memakan telur yang satu ini, rasanya yang enak dan gurih membuat ketagihan bagi yang mengkonsumsinya. Di Brebes inilah banyak yang menjual serta memproduksi telur asin. Telur yang biasa digunakan adalah telur itik atau bebek, cara pembuatannya cukup sederhana yaitu dengan cara telur dilumuri atau dibalut dengan lumpur pasta. 

Adapun bahan untuk membalut telur tersebut terdiri dari lumpur, abu gosok, garam, dan bubuk dari batu bata merah. Proses ini bisa memakan waktu kurang lebih 2-3 minggu hingga setelahnya telur dicuci bersih dan dirembus untuk memakannya.

Nah, itulah makanan yang terbilang cukup ekstream karena terbuat dari tanah. Bahkan kamu mungkin saja tidak akan mengira bahwa ada orang yang memakan tanah dan dijadikan sebagai cemilan pula.