14 Makanan Khas Maluku yang Harus Dicoba

Papeda

Maluku memiliki jukukan yaitu kepulauan rempah sebelum penjajahan sudah menjadi poros perdagangan rempah dunia, yaitu pala dan cengkeh. Hal itulah yang membuat cita rasa makanan khas Maluku sangat kuat dan unik khas makanan oriental.

Dulu, rakyat Maluku sering melakukan dagang dengan bangsa lain dengan komoditas pala, cengkeh dan rempah rempah lainya. Rempah inilah yang menjadi daya tarik bangsa Portugis dan Eropa untuk menguasai Maluku.

Maluku merupakan provinsi urutan 28 di Indonesia menurut jumlah penduduk. Daerah ini mulai dikuasai oleh Belanda pada tahun 1605 setelah kekalahan Portugis di Maluku. Sejak saat itu Ambon menjadi pusat VOC di Nusantara sebelum pindah ke Batavia pada tahun 1619. Provinsi dipimpin oleh gubernur dan wakilnya yang dipilih langsung oleh warganya.

Di Maluku terdapat alat musik ukulele dan hawaiian yang mirip di kepulauan Hawai Amerika serikat. Hal itu bisa kamu amati ketika orang Maluku menyanyikan lagu atau tarian tradisional katreji khas kebudayaan Provinsi Maluku.

Selain berbagai keunikan yang mereka miliki, Maluku juga menyimpan kekayaan kuliner tak kalah menarik. Aneka ragam makanan khas Maluku menjadi hal yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung ke sana.

Makanan Khas Maluku

1. Nasi Lapola

Tidak hanya sagu menjadi makanan pokok orang Maluku melainkan juga beras. Terbukti dengan makanan khas Maluku ini. Terbuat dari beras dan kacang Tolo.

Cara membuatnya sangatlah mudah pertama beras dimasak hingga setengah matang dengan api kecil setelah itu dimasukkan kacang Tolo yang telah direbu lalu dimasukkan parutan kelapa dan garam kemudian tinggal aduk rata. Terakhir dikukus hingga matang.

Resep nasi lapola

Resep Nasi Lapola Khas Maluku

Yusron
Total Time 1 hr
Course Main Course
Cuisine Indonesian, Maluku
Servings 4 Orang

Ingredients
  

  • Kelapa agak muda, parut memanjang, 1 butir
  • Kacang tolo bersihkan, rendam semalaman, 250 gram
  • Air bersih 600 ml
  • Daun pandan robek-robek, 1 lembar
  • Beras bersihkan, cuci, 500 gam
  • Garam dapur secukupnya

Instructions
 

  • Rebus kacang tolo samapi menjadi lunak dan cairan bersamanya mengering. Angkat.
  • Selanjutnya rebus air bersama dengan daun pandan hingga mendidih, lalu tambahkan beras yang sudah dibersihkan sebelumnya dan masak dengan api kecil hingga matang dan air menyusut. Angkat.
  • Setelah itu, campur jadi satu beras yang telah diolah tadi serta kacang tolo rebus bersama dengan parutan kelapa dan garam dapur. Aduk merta.
  • Setelah semua dicampur, kemudian tuangkan ke dalam dandang dan kukus selama ½ jam lamanya sampai matang sempurna. Angkat lalu tuang dalam wadah.
  • Dinginkan nasi dengan cara dikipas dan diaduk perlahan agar nasi terasa pulen.
  • Nasi lapola saip dihidangkan.
Keyword cara membuat nasi lapola

2. Papeda

Papeda menjadi makanan pokok setelah nasi di Indonesia timur, terbuat dari sagu yang telah dihancurkan dan dimasak dengan air hingga kental. Teksturnya kenyal berwarna putih agak kebeningan dengan rasa yang hambar.

Topik Terkait :  Cara Membuat Papeda Dari Sagu

Papeda cocok dimakan bersama dengan ikan tongkol yang dibumbui kunyit, Selain itu, papeda juga kerap dinikmati dengan ikan gabus, kakap merah, ataupun ikan kue.

Cara Membuat Papeda Maluku
Papeda biasanya sering disantap bersama dengan ikan kuah kuning atau ikan tongkol dan ikan gabus.
Cara membuat papeda

3. Kohu kohu dengan Kasbi Rebus

Sekilas makanan ini sangat mirip dengan urap atau lalapan di pulau Jawa. Yang membedakan mungkin cara menyantapnya yakni bersama kasbi dan ditambahi teri basah saat membuatnya.

Kohu kohu biasa disantap oleh orang Maluku dengan Kasbi atau singkong rebus. Tetapi juga enak disantap bersamaan dengan nasi hangat.

Bahan bahan yang digunakan sangat mudah ditemukan yaitu seperti toge, terong, kacang panjang rebus, dan parutan kelapa. Setelah semuanya tercampur diberi perasan jeruk nipis, cabai, bawang merah dan bawang putih.

Resep Kohu Kohu Terenak
Masyarakat Maluku biasanya menyantap kohu kohu dengan Kasbi atau nasi hangat.
Check out this recipe
Resep Kohu kohu

4. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan asli kepulauan Maluku khususnya daerah Banda ini merupakan salah satu kebanggaan warga Maluku. Masakan dengan rasa kaya akan rempah sangat mencerminkan kepulauan Maluku.

Ikan kuah pala Banda memiliki rasa asam pedas dari buah pala. Dan kuahnya segar cocok dinikmati dengan urap daun pepaya, ikan kakap merah bakar, dan sambal bakasang yang terbuat dari ikan cakalang yang ditumbuk.

5. Ikan Komu Asar

Makanan khas Maluku yang dapat dengan mudah kita temui saat berkunjung kesana. Masakan unik terbuat dari ikan cakalang yang diasap selama 3 jam hingga berwarna merah kecoklatan, pengasapan dilakukan hingga kematangan duri tengah ikan.

Topik Terkait :  Cara Membuat Kohu Kohu Terenak

Ikan yang digunakan tidak hanya ikan cakalang saja tetapi bisa menggunakan ikan tongkol, ikan kuning dan ikan tuna. Pokoknya ikan yang memiliki daging yang agak padat agar tidak mudah rapuh saat dibakar.

6. Sambal Colo Colo

Sambal unik asli Maluku ini dibuat dengan cara yang berbeda pada umunya, yaitu bahan bahan seperti tomat muda, cabai rawit, bawang merah diiris tipis tipis tanpa diule kemudian diberi garam.

Setelah itu sambal diberi perasan jeruk nipis kemudian dikasih daun kemangi, kenari mentah, dan rerombang.

7. Sagu Woku Komo Komo

Ada makanan khas maluku satu lagi yang menggunakan bahan dasar sagu, makanan ini dibuat dari bahan seperti sagu, bawang putih, serai, jahe, dan jeroan ikan.

Biasanya makanan ini dibungkus dengan daun woku, sehingga biasa disebut sagu Woku Komo Komo. Makanan ini cocok dimakan sebagai lauk bersama papeda.

8. Bubur Sagu Ubi

Sepertinya makanan ini sangat cocok dimakan saat pagi hari ataupun siang hari ditambahi es batu agar lebih segar, makanan terbuat dari bahan dasar sagu dan ubi merah. Cara membuatnya pun sangat mudah.

Sagu yang telah dimasak dicampur dengan ubi yang telah direbus kemudian diberi campuran air gula dan daun pandan yang telah dimasak sebelumnya. Terakhir diberi santan dan kenari diatasnya.

9. Talam Sagu Bakar

Makanan khas ini merupakan salah satu yang populer di Maluku utara. Bahan dasar yang digunakan yaitu sagu yang telah direndam hingga mekar kemudian dihaluskan dan dijadikan adonana bersama bahan lainya.

Bahan lain yang digunakan adalah mentega, kacang brenobon atau kacang merah, gula merah, kenari dan beberapa bumbu rempah lainnya. Setelah semuanya tercampur adonan akan dikukus hingga matang.

10. Bubur Ne

Makanan khas ini sekilas mirip sekali dengan kolak atau bahkan mirip es campur. Bahan dasar bubur terbuat dari sagu yang dibentuk bulat kecil kecil atau mirip mutiara dengan warna coklat, merah muda dan merah tua. Bubur Ne dikenal sebagai takjil tradisional ala orang maluku.

Cara membuatnya cukup mudah bulir bulir sagu berbentuk mutiara akan dimasak bersama dengan santan lalu diberi tambahan kayu manis, gula, dan daun pandan.

Topik Terkait :  Cara Membuat Papeda Dari Sagu

11. Kopi Sibu Sibu

Jika kamu pecinta kopi pastikan jangan lewatkan minuman asli khas Maluku ini. Keunikan dari kopi ini adalah kopi robusta yang dihaluskan secara tradisional kemudian diberi bubuk cengkeh yang halus dan diberi biji Ketapang muda, hmm pasti sangat nikmat.

12. Gohu Ikan

Kepulauan Maluku dikelilingi oleh lautan sehingga makanan berbahan dasar ikan merupakan hal yang sangat lumrah sekali. Gohu ikan terbuat dari ikan cakalang atau ikan tuna mentah, kemudian dipotong berbentuk dadu laku diberi perasan jeruk nipis dan garam.

Gohu ikan juga diberi bumbu tambahan berupa bawang merah, cabae rawit, dan kemangi. Kuliner ini memiliki rasa asam pedas namun segar dan cocok disantap bersama papeda, singkong, atau pisang.

13. Manisan Pala

Makanan khas Maluku ini sangat dipengaruhi oleh keadaan alam sekitar. Pala atau myristica fragrans banyak ditemukan di kepulauan Banda, maluku. Buahnya memiliki banyak manfaat dan bisa dijadikan camilan berupa manisan pala.

Cara pembuatanya juga sangat mudah sekali buah pala yang masih segar direndam bersama air garam dan gula. Kemudian didiamkan selama 1 hari penuh, agar buah tidak sepat dan memiliki tekstur agar empuk.

Setelah perendaman selama satu hari, buah pala disaring dan dikeringkan. Proses selanjutnya adalah buah pala yang telah dikeringkan direndam lagi dengan air gula tanpa garam dan didiamkan selama beberapa jam agar terasa manis.

14. Lalampa

Makanan khas maluku berikutnya adalah lalampa yang sangat mirp sekali dengan lemper di Jawa. Hal yang membedakan adalah berupa isian dan cara pembuatanya.

Lalampa dibakar diatas api yang sebelumnya dioleh terlebih dahulu menggunakan minyak sayur. Sehingga kuliner satu ini memiliki aroma yang khas dan unik.

cara pembuatanya juga sangat mudah isian dibuat dari ikan cakalang atau tongkol yang telah dimasak dan diberi bumbu sedemikian rupa. Kemudian dibalut dengan ketan yang juga sudah matang dan dibungkus dengan daun pisang lalu terakhir dibakar diatas bara api tidak lupa dioles minyak sayur terlebih dahulu.

Itulah 14 rekomendasi makanan khas Maluku yang dapat Anda coba. Silahkan tentukan mana yang paling menarik dan akan dicoba terlebih dahulu.

Anda mungkin juga suka...

MiNT