10 Makanan Ekstream Khas Nusantara Yang Bikin Bergidik

MiNT – Berbicara soal makanan maupun kuliner memang tidak ada habisnya, saat ini banyak sekali kreasi tentang makanan. Tapi pernahkan kamu menjumpai makanan yang terbilang ekstream di daerahmu, mungkin salah satunya ada di bawah ini:

1. Ulat sagu

Hewan jenis ini banyak terdapat di pohoh-pohon sagu oleh orang Papua atau yang Indonesia bagian timur mereka biasanya mengkonsumsinya secara langsung atau mentah. Ada juga yang beberapa dimasak seperti di sate, ulat sagu yang dimakan tersebut masih berbentuk larva.

2. Belalang goreng

Hewan yang sering dianggap sebagai hama ini ternyata juga memiliki banyak manfaat loh. Di Yogyakarta, belalang diolah dengan cara digoreng garing. Rasanya yang gurih serta memiliki kandungan gizi yang tinggi kerap kali menjadikannnya sebagai cemilan. Tapi tidak semua belalang dapat diolah yah, belalang goreng ini merupakan belalang kayu yang memiliki warna kuning agak kecoklatan.

3. Lawar

Makanan khas daerah Bali ini ternyata memiliki dua jenis loh, yang pertama ada lawar putih dan yang kedua ada lawar merah. Makanan ini terdiri dari beberapa sayuran dan suwiran ayam sedangkan untuk lawar merah, warna merah didapat dari darah babi maupaun darah ayam.

4. Paniki

Makanan kahas minahasa ini sekilas tidak ada yang aneh dengan makananya. Namun siapa sangka daging yang digunakan dalam paniki yaitu daging kelelawar. Tapi, kelelawar yang digunakan yaitu jenis kelelawar pemakan buah.

5. Botok tawon

Makanan yang berasal dari Banyuwangi ini terbilang cukup ekstream dan perlu untuk dicoba. Botok tawon menggunakan sarang tawon yang didalamnya masih terdapat larva tawon sebagai bahan utamanya. Makanan ini memiliki rasa yang pedas, manis, dan juga asam yang dihasilkan dari bumu-bumbu rempah yang khas.

Baca Juga :  30 Resep Makanan Internasional Yang Unik Dan Enak

6. Saksang

Jika dilihat dari penampilannya mungkin tidak ada hal yang aneh atau mencurigakan. Namun, saksang makanan kahas dari Batak ini menggunakan daging babi dan juga daging anjing. Buhan hanya dagingnya saja yang digunakan melainkan juga darah dari babi maupun anjing yang dicampur dengan bumbu-bumbu rempah lainnya.

7. Cacing tambelo

Papua memang terkenal dengan makanan yang ekstream maupun unik seperti cacing tambelo salah satunya. Cacing ini banyak ditemukan di pohon-pohon bakau. Mereka biasanya memakan cacing tambelo tersebut secara langsung atau dalam keadaan mentah.

8. Sate biawak

Biawak, siapa yang tak tahu jenis hewan yang satu ini. Di daerah Jawa Timur biawak diolah dijadikan sate. Daging biawak juga dipercaya dapat mengobati penyakit kulit, rasanya tidak jauh berbeda dengan sate kebanyakan yang dilengkapi dengan bumbu-bumbu yang akan membuat sate biawak menjadi sedap dinikmati.

9. Ulat kipat

Ular jenis ini banyak ditemui di pohon-pohon jambu monyet. Oleh masyarakat Gunungkidul, Yogyakarta ular kipat diolah dan dimasak menjadi makanan yang lezat. Biasanya mereka mengolah ular kipat untuk dijadikan rica-rica. Gak kebayang kan gimana rasanya, eh tapi buat kamu yang punya alergi jangan pernah mencobanya ya. Karena dengan mengkonsumsi makanan ini dapat membuat kulitmu gatal-gatal loh.

10. Pepes kroto

Kroto adalah sebutan lain untuk telur semut yang  kebanyakan digunakan untuk campuran pakan burung. Namun kroto juga terkadang diolah menjadi sebuah makanan yang tak kalah enak dengan bumbu rempah.

Nah, itu dia beberapa makanan yang bisa dibilang ekstream yang terdapat di Nusantara. Gimana, apakah kamu penasaran atau tertarik  untuk mencobanya?