4 Rekomendasi Makanan Untuk Penderita Diabetes

makanan untuk penderita diabates

Seorang yang menderita diabetes tidak disarankan mengkonsumsi makanan sembarangan. Karena, makanan yang mengandung banyak gula atau garam bisa memperburuk keadaan penderita.

Oleh sebab itu dengan memilah makanan bisa membuat penderitanya berangsur-angsur membaik. Berikut daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabates.

1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki banyak sekali nutrisi. Diantaranya adalah vitamin, mineral dan serat. Sayur dan buah segara juga mengandung gula alami yang tidak berlebih. Sehingga sangat cocok sekali sebagai untuk proses penyembuhan.

Silahkan Baca :  10 Sayuran Terbaik sebagai Makanan Untuk Program Diet

Ada baiknya saat mengkonsumsi sayuran dan buah tidak perlu dijus. Karena saat pembuatan jus terkadang juga diberi tambahan gula. Hal tersebut malah buruk untuk kesehatan.

Tetapi beda hal jika pembuatan jus tanpa tambahan gula. Dengan tujuan agar sayuran dan buah mudah dikonsumsi tanpa mengunyah langsung.

2. Lemak tak Jenuh

Lemak tak jenuh baik untuk kesehatan tubuh. Lemak juga berfungsi sebagai cadangan energi tubuh. Contoh lemak tak jenuh baik dikonsumsi adalah minyak ikan dan minyak zaitun.

Silahkan Baca :  3 Cara Membuat Bubur Sumsum Super Lembut dan Gurih

Sedangkan lemak jenuh yang tidak disarankan dikonsumsi adalah daging merah, butter, dan kuning telur. Makanan tersebut tidak baik bagi tubuh karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol.

3. Alpukat

Alpukat salah satu buah yang rendah gula. Oleh sebab itu kebanyakan orang akan mengkonsumsi alpukat dengan tambahan gula atau susu. Karena alpukat terasa sedikit hambar tanpa tambahan gula.

Untuk penderita diabates buah ini baik untuk dikonsumsi dengan catatan tanpa tambahan gula atau lainnya. Karena kadar gula yang renda ini, dan mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Silahkan Baca :  34 Makanan Tradisional Asli Indonesia Khas Setiap Provinsi

Selanjutnya, adalah minuman yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Karena alkohol mengandung banyak gula atau kalori. Jika dikonsumsi maka akan semakin memperburuk keadaan.

You May Also Like